Ayat Alquran Ini Bicara Soal Kekayaan Bisa Diamalkan Sebagai Doa Harian

Posted on

Doa adalah salah satu cara untuk menjalin hubungan dengan Allah SWT. Setiap orang pasti memiliki doa yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh umat muslim adalah doa untuk kekayaan. Namun, apakah kekayaan bisa diamalkan sebagai doa harian? Mari simak ayat Alquran ini yang membahas tentang kekayaan.

1. Surah Al-Baqarah Ayat 201

Dalam surah Al-Baqarah ayat 201, Allah SWT berfirman bahwa “Dan di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari azab neraka”. Ayat ini mengajarkan kita untuk meminta kebaikan di dunia dan akhirat. Salah satu kebaikan di dunia adalah kekayaan yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan membantu orang lain.

2. Surah Ali Imran Ayat 8

Surah Ali Imran ayat 8 menyatakan bahwa “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau, hanya Engkau yang Maha Pemberi.” Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu meminta petunjuk dan rahmat dari Allah SWT. Salah satu rahmat yang dapat diberikan oleh Allah SWT adalah kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah.

3. Surah Ali Imran Ayat 26

Surah Ali Imran ayat 26 menyatakan bahwa “Katakanlah: “Ya Allah, pemilik kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari siapa yang Engkau kehendaki, Engkau muliakan siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebaikan. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu”.” Ayat ini mengajarkan kita untuk mengakui bahwa segala kekuasaan dan kebaikan hanya berasal dari Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus selalu memohon kepada-Nya untuk mendapatkan kekayaan yang berkah dan halal.

Pos Terkait:  Isi Kandungan Al Quran Surat Al Maarij

4. Surah Al-Muzzammil Ayat 20

Surah Al-Muzzammil ayat 20 menyatakan bahwa “Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia-lah yang telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan bagi kamu dalam agama suatu kesempitan.” Ayat ini mengajarkan kita untuk berjuang di jalan Allah SWT dengan cara yang sebenar-benarnya. Salah satu cara berjuang adalah dengan memperoleh kekayaan yang halal dan berkah untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

5. Surah Al-Isra Ayat 18

Surah Al-Isra ayat 18 menyatakan bahwa “Barang siapa dikehendaki oleh Allah untuk diberi petunjuk, niscaya Dia akan melapangkan dadanya untuk (menerima) Islam. Dan barang siapa dikehendaki oleh-Nya untuk disesatkan, niscaya Dia menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang yang tidak beriman.” Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu meminta petunjuk kepada Allah SWT. Salah satu petunjuk yang dapat diberikan adalah kekayaan yang halal dan berkah untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

6. Surah Al-Anfal Ayat 28

Surah Al-Anfal ayat 28 menyatakan bahwa “Dan ketahuilah, bahwa harta rampasan yang kamu peroleh (dalam peperangan) sesungguhnya adalah kepunyaan Allah dan Rasul-Nya. Maka bertakwalah kepada Allah dan rapihkanlah urusanmu dengan berbuat baik kepada sesama dan kepada keluargamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Ayat ini mengajarkan kita untuk memperlakukan kekayaan dengan baik dan bijaksana. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

7. Surah Al-Qasas Ayat 77

Surah Al-Qasas ayat 77 menyatakan bahwa “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari kenikmatan dunia. Dan berbuatlah baik (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.” Ayat ini mengajarkan kita untuk mengambil manfaat dari kekayaan di dunia untuk mempersiapkan kehidupan di akhirat. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

8. Surah Al-Kahf Ayat 39

Surah Al-Kahf ayat 39 menyatakan bahwa “Dan kekayaannya tidak dapat memberinya kekuatan di sisi Allah sama sekali.” Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak merasa sombong atau terlalu bergantung pada kekayaan. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

Pos Terkait:  Ketegasan dan Keberanian Khalifah Umar

9. Surah Al-Ma’arij Ayat 19-21

Surah Al-Ma’arij ayat 19-21 menyatakan bahwa “Sesungguhnya manusia benar-benar diciptakan dalam kesulitan. Apabila ia merasakan kesulitan, ia meratap dan menjadi keluh kesah, dan apabila ia merasa diberi kenikmatan, ia kikir dan tidak bersyukur.” Ayat ini mengajarkan kita untuk bersyukur atas kekayaan yang diperoleh. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

10. Surah Al-Furqan Ayat 67

Surah Al-Furqan ayat 67 menyatakan bahwa “Dan orang-orang yang apabila mereka menginfakkan (hartanya), mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak (pula) kikir, dan mereka menengah-tengahkan antara yang demikian itu.” Ayat ini mengajarkan kita untuk memperlakukan kekayaan dengan baik dan bijaksana. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

11. Surah Al-Hadid Ayat 7

Surah Al-Hadid ayat 7 menyatakan bahwa “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebahagian dari harta yang telah dijadikan Allah sebagai karunia kepadamu. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (harta) itu, mereka mendapat pahala yang besar.” Ayat ini mengajarkan kita untuk memperlakukan kekayaan dengan baik dan bijaksana. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

12. Surah Al-Muddaththir Ayat 31

Surah Al-Muddaththir ayat 31 menyatakan bahwa “Dan janganlah kamu meminta-minta dengan meminta-minta yang banyak.” Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak terlalu bergantung pada kekayaan. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

13. Surah Al-Qasas Ayat 77

Surah Al-Qasas ayat 77 menyatakan bahwa “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari kenikmatan dunia. Dan berbuatlah baik (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.” Ayat ini mengajarkan kita untuk mengambil manfaat dari kekayaan di dunia untuk mempersiapkan kehidupan di akhirat. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

Pos Terkait:  7 Adab Mengiringi Jenazah Menurut Imam al-Ghazali

14. Surah Al-A’raf Ayat 32

Surah Al-A’raf ayat 32 menyatakan bahwa “Katakanlah: “Siapakah yang mengharamkan perhiasan Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan rezeki yang baik?” Ayat ini mengajarkan kita bahwa kekayaan adalah karunia dari Allah SWT. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

15. Surah Al-Anfal Ayat 60

Surah Al-Anfal ayat 60 menyatakan bahwa “Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang, supaya dengan kekuatan itu kamu menakut-nakuti musuh Allah dan musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya, sedangkan Allah mengetahuinya. Dan apa saja yang kamu nafkahkan di jalan Allah, niscaya akan dibalasi dengan cukup dan tidak akan kamu dianiaya.” Ayat ini mengajarkan kita untuk mempersiapkan kekuatan dalam menghadapi musuh Allah SWT. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

16. Surah Al-Mulk Ayat 2

Surah Al-Mulk ayat 2 menyatakan bahwa “Yang menjadikan kematian dan kehidupan, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” Ayat ini mengajarkan kita bahwa kekayaan adalah salah satu ujian hidup yang harus dihadapi. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

17. Surah Al-An’am Ayat 152

Surah Al-An’am ayat 152 menyatakan bahwa “Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik, sampai ia mencapai umur dewasa. Dan sempurnakanlah (janji)mu. Sesungguhnya janji itu akan dimintai pertanggungjawabannya.” Ayat ini mengajarkan kita untuk memperlakukan kekayaan dengan baik dan bijaksana. Kekayaan yang diperoleh dengan cara yang halal dan berkah harus digunakan untuk membantu orang lain dan memperbaiki kehidupan di dunia.

18. Surah Al-Baqarah Ayat 267

Surah Al-Baqarah ayat 267 menyatakan bahwa “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebag