Umum

Adakah Doa Khusus Saat Mencukur Bulu Itu?

×

Adakah Doa Khusus Saat Mencukur Bulu Itu?

Share this article

Saat mencukur bulu, apakah kita harus membaca doa khusus? Pertanyaan ini seringkali muncul di kalangan umat muslim. Ada yang mengatakan bahwa harus, ada juga yang mengatakan tidak perlu. Lalu, bagaimana sebenarnya?

Doa Ketika Mencukur Bulu Menurut Sunnah

Menurut sebagian ulama, membaca doa saat mencukur bulu adalah sunnah. Doa ini sebaiknya dibaca sebelum memulai mencukur bulu. Doa yang dimaksud adalah sebagai berikut:

“Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma anta hasanta khalqi fa hasin khuluqi.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Ya Allah, Engkau telah memperindah rupa-ku maka perindahlah akhlak-ku.”

Doa ini biasanya dibaca sebelum mencukur bulu pada bagian tertentu, seperti jenggot, kumis, atau bulu kemaluan. Namun, beberapa ulama juga mengatakan bahwa doa ini tidak hanya berlaku untuk bulu-bulu tertentu saja, melainkan juga untuk mencukur bulu di bagian tubuh lainnya.

Pendapat yang Mengatakan Tidak Perlu Membaca Doa

Meskipun ada ulama yang mengatakan bahwa membaca doa saat mencukur bulu adalah sunnah, namun ada juga yang mengatakan bahwa tidak perlu membaca doa khusus saat mencukur bulu. Mereka berpendapat bahwa doa tersebut tidak ada dalam hadis dan juga tidak termasuk dalam bagian dari ritual ibadah.

Pos Terkait:  Sudahkah Bayar Hutangmu? Jangan Sepelekan Hutang!

Namun, meskipun tidak ada dalil yang secara khusus menyebutkan tentang doa saat mencukur bulu, namun banyak ulama yang menyarankan untuk membaca doa tersebut. Hal ini dikarenakan doa tersebut dapat membantu kita untuk lebih fokus dan khusyuk saat melakukan aksi mencukur bulu.

Bagaimana Jika Tidak Bisa Membaca Doa Khusus Saat Mencukur Bulu?

Bagi yang tidak bisa membaca doa khusus saat mencukur bulu, tidak perlu khawatir. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membaca doa tersebut bukanlah bagian dari ritual ibadah. Yang terpenting adalah niat dan tujuan kita saat mencukur bulu.

Jika kita mencukur bulu demi membersihkan diri atau demi menjaga kesehatan, maka sudah cukup dengan niat tersebut. Namun, jika kita ingin membaca doa tersebut sebagai bentuk pengingat dan pengikat hati, maka itu juga sah-sah saja dilakukan.

Kesimpulan

Jadi, apakah ada doa khusus saat mencukur bulu? Jawabannya tergantung pada masing-masing individu. Ada yang mengatakan harus, ada yang mengatakan tidak perlu. Namun, yang terpenting adalah niat dan tujuan kita saat mencukur bulu. Jika niat kita baik dan tujuan kita positif, maka itu sudah cukup.

Namun, jika kita ingin membaca doa khusus sebagai bentuk pengingat dan pengikat hati, maka itu juga sah-sah saja. Yang terpenting adalah kita tidak melupakan bahwa mencukur bulu juga merupakan bagian dari menjaga kebersihan diri dan kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Pos Terkait:  Soal Latihan PAI Materi Penyelenggaraan