Umum

Istri dan Anak Abu Bakar Ash-Shiddiq ra

×

Istri dan Anak Abu Bakar Ash-Shiddiq ra

Share this article

Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dikenal sebagai sahabat Rasulullah SAW yang paling dekat dan paling setia. Dia adalah orang pertama yang masuk Islam dan juga orang yang pertama kali menjabat sebagai khalifah setelah wafatnya Rasulullah SAW. Namun, tidak banyak yang tahu tentang kehidupan pribadi Abu Bakar Ash-Shiddiq ra, khususnya tentang istri dan anak-anaknya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang istri dan anak Abu Bakar Ash-Shiddiq ra.

Istri Abu Bakar Ash-Shiddiq ra

Abu Bakar Ash-Shiddiq ra menikah dengan empat wanita selama hidupnya. Yang pertama adalah Qutailah binti Abdurrahman, yang merupakan ibu dari putranya, Abdullah bin Abu Bakar. Yang kedua adalah Ummu Ruman binti Aamir, yang merupakan ibu dari putrinya, Aisyah binti Abu Bakar. Yang ketiga adalah Asma binti Umays, yang merupakan ibu dari putrinya, Ummu Kultsum binti Abu Bakar. Dan yang keempat adalah Habibah binti Kharijah, yang juga dikenal dengan nama Ummu Habibah, yang merupakan janda dari sahabat Rasulullah SAW, Ubaidah bin Al-Harits. Ummu Habibah hijrah ke Madinah setelah suaminya syahid dalam perang Uhud, dan kemudian menikah dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq ra.

Pos Terkait:  Manfaat Berpoligami dalam Islam

Dari keempat istrinya, yang paling terkenal adalah Ummu Ruman binti Aamir. Dia adalah ibu dari Aisyah binti Abu Bakar, yang kemudian menikah dengan Rasulullah SAW. Ummu Ruman dikenal sebagai wanita yang salehah dan berbudi pekerti mulia. Dia juga sangat mencintai putrinya, Aisyah, dan sangat merindukannya ketika Aisyah tinggal bersama Rasulullah SAW di rumahnya.

Anak Abu Bakar Ash-Shiddiq ra

Abu Bakar Ash-Shiddiq ra memiliki empat orang putra dan dua orang putri. Putra-putranya adalah Abdullah bin Abu Bakar, Abdurrahman bin Abu Bakar, Muhammad bin Abu Bakar, dan Ubaidullah bin Abu Bakar. Sedangkan putrinya adalah Aisyah binti Abu Bakar dan Ummu Kultsum binti Abu Bakar.

Abdullah bin Abu Bakar adalah putra sulung Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dan Qutailah binti Abdurrahman. Dia adalah seorang sahabat Rasulullah SAW dan juga seorang tabiin, yang mengajar banyak hadis kepada para ulama pada masanya. Dia meninggal dunia pada tahun 69 H.

Abdurrahman bin Abu Bakar adalah putra kedua Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dan Qutailah binti Abdurrahman. Dia juga seorang sahabat Rasulullah SAW dan tabiin yang terkenal. Dia meninggal dunia pada tahun 75 H.

Pos Terkait:  Soal Latihan Akhlak Materi Hak Asasi: Pentingnya Menjaga Hak Asasi Manusia dalam Berakhlak

Muhammad bin Abu Bakar adalah putra ketiga Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dan Asma binti Umays. Dia juga seorang sahabat Rasulullah SAW dan tabiin yang terkenal. Dia meninggal dunia pada tahun 63 H.

Ubaidullah bin Abu Bakar adalah putra bungsu Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dan Habibah binti Kharijah. Dia juga dikenal sebagai Abu Bakar Al-Awwam. Dia adalah seorang sahabat Rasulullah SAW dan tabiin yang terkenal. Dia meninggal dunia pada tahun 64 H.

Aisyah binti Abu Bakar adalah putri sulung Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dan Ummu Ruman binti Aamir. Dia adalah istri Rasulullah SAW dan dikenal sebagai salah satu wanita terbaik dalam sejarah Islam. Dia meninggal dunia pada tahun 58 H.

Ummu Kultsum binti Abu Bakar adalah putri bungsu Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dan Asma binti Umays. Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupannya, namun dia juga dikenal sebagai seorang sahabiyah yang salehah.

Kesimpulan

Abu Bakar Ash-Shiddiq ra adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW yang paling dekat dan paling setia. Dia memiliki empat istri dan enam anak, yang semuanya dikenal sebagai sahabat Rasulullah SAW dan tabiin yang terkenal. Meskipun mereka tidak terlalu terkenal dalam sejarah Islam, namun mereka merupakan bagian yang penting dalam kehidupan Abu Bakar Ash-Shiddiq ra dan juga dalam sejarah perkembangan Islam.

Pos Terkait:  Hukum Menulis Al-Qur'an bagi Orang yang Sedang Berhadats