Umum

Sholat Dhuha Rakaat dan Doa Setelahnya

×

Sholat Dhuha Rakaat dan Doa Setelahnya

Share this article

Apa itu Sholat Dhuha?

Sholat Dhuha adalah salah satu jenis sholat sunnah yang dilakukan pada waktu pagi hari, setelah matahari terbit. Sholat ini dilakukan dengan minimal dua rakaat dan maksimal delapan rakaat. Sholat Dhuha termasuk dalam sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan yang sangat besar di antaranya adalah meningkatkan keberkahan dalam hidup, mendapatkan rizki yang melimpah, serta mendapatkan keberkahan dalam rezeki dan umur. Selain itu, sholat Dhuha juga dapat menenangkan hati dan pikiran, sehingga seseorang dapat lebih fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berapa Rakaat Sholat Dhuha yang Dianjurkan?

Sholat Dhuha dianjurkan minimal dua rakaat dan maksimal delapan rakaat. Namun, jika seseorang ingin melaksanakan lebih dari delapan rakaat, itu juga diperbolehkan. Sholat Dhuha dapat dilakukan di rumah, masjid, atau tempat lain yang tenang dan nyaman.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

Berikut ini adalah tata cara melaksanakan sholat Dhuha:1. Wudhu terlebih dahulu.2. Pilih tempat yang tenang dan nyaman.3. Membaca niat sholat Dhuha.4. Melakukan dua rakaat pertama dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang dipilih.5. Setelah itu, melanjutkan sholat dengan rakaat yang sesuai dengan keinginan.6. Setelah selesai, membaca doa setelah sholat Dhuha.

Pos Terkait:  Pengertian Haram Muharram Macam Macam - Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca, di antaranya:1. Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil aliyil azhim.2. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.3. Allahumma inni as’aluka rizqan thoyyiban wa ‘ilman nafi’an wa ‘amalan mutaqabbalan.

Keuntungan Melaksanakan Sholat Dhuha

Melaksanakan sholat Dhuha memiliki banyak keuntungan, di antaranya:1. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani.2. Memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup.3. Menjaga hubungan dengan Allah SWT.4. Meningkatkan keberkahan dalam hidup.5. Mendapatkan rizki yang melimpah.

Kesimpulan

Sholat Dhuha adalah salah satu jenis sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sholat ini dilakukan minimal dua rakaat dan maksimal delapan rakaat pada waktu pagi hari setelah matahari terbit. Melaksanakan sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan keuntungan dalam hidup. Selain itu, setelah selesai sholat Dhuha, ada beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca. Oleh karena itu, mari kita jadikan sholat Dhuha sebagai amalan yang rutin kita lakukan untuk meningkatkan keberkahan dan ketenangan dalam hidup.

Pos Terkait:  Soal Latihan PAI: Kepedulian Terhadap Sesama