Pembagian Ilmu Tasawuf atau Macam-Macam

Posted on

Tasawuf adalah salah satu cabang dalam agama Islam yang membahas tentang konsep spiritualitas dan kehidupan batiniah. Dalam tasawuf, terdapat banyak ilmu dan konsep yang harus dipahami agar dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik dan lebih dekat dengan Tuhan. Berikut adalah pembagian ilmu tasawuf atau macam-macam yang perlu diketahui:

1. Ilmu Tauhid

Ilmu tauhid merupakan ilmu yang membahas tentang konsep keesaan Tuhan. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan untuk memahami bahwa hanya ada satu Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatu. Selain itu, ilmu tauhid juga membahas tentang konsep sifat-sifat Allah yang harus dipahami oleh setiap muslim.

2. Ilmu Fiqih

Ilmu fiqih merupakan ilmu yang membahas tentang hukum-hukum dalam Islam. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara melakukan ibadah, seperti shalat, puasa, zakat, dan haji. Selain itu, ilmu fiqih juga membahas tentang hukum-hukum yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seperti hukum makanan, hukum pernikahan, dan sebagainya.

3. Ilmu Tasawuf

Ilmu tasawuf merupakan ilmu yang membahas tentang konsep spiritualitas dan kehidupan batiniah. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara untuk mencapai keterhubungan dengan Tuhan, seperti dengan melakukan zikir, tafakur, dan sebagainya. Selain itu, ilmu tasawuf juga membahas tentang konsep-konsep seperti zuhud, kesabaran, dan tawakal.

4. Ilmu Hadis

Ilmu hadis merupakan ilmu yang membahas tentang hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami hadis dan mempraktikkan pengajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ilmu hadis juga membahas tentang kritik terhadap hadis-hadis yang tidak terpercaya.

5. Ilmu Tafsir

Ilmu tafsir merupakan ilmu yang membahas tentang tafsir Al-Quran. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami ayat-ayat Al-Quran dan mempraktikkan pengajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ilmu tafsir juga membahas tentang kritik terhadap tafsir-tafsir yang tidak benar.

Pos Terkait:  Song Bora, Muslimah Korea yang Populer di Sosial Media

6. Ilmu Kalam

Ilmu kalam merupakan ilmu yang membahas tentang konsep-konsep teologis dalam Islam. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang konsep-konsep seperti keberadaan Tuhan, kemanusiaan, dan kebebasan manusia. Selain itu, ilmu kalam juga membahas tentang kritik terhadap konsep-konsep yang tidak benar.

7. Ilmu Balaghah

Ilmu balaghah merupakan ilmu yang membahas tentang bahasa Arab dan sastra Arab. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami bahasa Arab dan mempraktikkan pengajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ilmu balaghah juga membahas tentang kritik terhadap bahasa Arab yang tidak benar.

8. Ilmu Falsafah

Ilmu falsafah merupakan ilmu yang membahas tentang konsep-konsep filosofis dalam Islam. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang konsep-konsep seperti kebenaran, keadilan, dan kebahagiaan. Selain itu, ilmu falsafah juga membahas tentang kritik terhadap konsep-konsep yang tidak benar.

9. Ilmu Akhlak

Ilmu akhlak merupakan ilmu yang membahas tentang konsep-konsep moral dalam Islam. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara menjaga moralitas dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ilmu akhlak juga membahas tentang kritik terhadap perilaku yang tidak etis.

10. Ilmu Kebatinan

Ilmu kebatinan merupakan ilmu yang membahas tentang konsep-konsep mistik dalam Islam. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi dan mengalami pengalaman mistik. Selain itu, ilmu kebatinan juga membahas tentang kritik terhadap praktik-praktik mistik yang tidak benar.

11. Ilmu Akidah

Ilmu akidah merupakan ilmu yang membahas tentang konsep-konsep keyakinan dalam Islam. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang keyakinan- keyakinan seperti keberadaan Tuhan, malaikat, kitab suci, nabi dan rasul, hari kiamat, dan qadar. Selain itu, ilmu akidah juga membahas tentang kritik terhadap keyakinan-keyakinan yang tidak benar.

12. Ilmu Nahwu

Ilmu nahwu merupakan ilmu yang membahas tentang tata bahasa Arab. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara membuat kalimat yang benar dalam bahasa Arab. Selain itu, ilmu nahwu juga membahas tentang kritik terhadap kalimat-kalimat yang tidak benar.

13. Ilmu Sharaf

Ilmu sharaf merupakan ilmu yang membahas tentang ilmu kebahasaan Arab, khususnya tentang bentuk kata. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara membuat kata yang benar dalam bahasa Arab. Selain itu, ilmu sharaf juga membahas tentang kritik terhadap kata-kata yang tidak benar.

Pos Terkait:  Istri Dianggap 'Nusyuz' bila Melakukan Hal Ini

14. Ilmu Ma’ani

Ilmu ma’ani merupakan ilmu yang membahas tentang makna kata dalam bahasa Arab. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang makna-makna kata dalam bahasa Arab. Selain itu, ilmu ma’ani juga membahas tentang kritik terhadap makna kata yang tidak benar.

15. Ilmu Bayan

Ilmu bayan merupakan ilmu yang membahas tentang cara-cara menyampaikan pesan dalam bahasa Arab. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara membuat pesan yang jelas dan mudah dipahami dalam bahasa Arab. Selain itu, ilmu bayan juga membahas tentang kritik terhadap pesan-pesan yang tidak jelas.

16. Ilmu Munazamah

Ilmu munazamah merupakan ilmu yang membahas tentang cara-cara menyusun ayat-ayat Al-Quran. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara menyusun ayat-ayat Al-Quran sehingga membentuk suatu makna yang utuh dan jelas. Selain itu, ilmu munazamah juga membahas tentang kritik terhadap penyusunan ayat-ayat Al-Quran yang tidak benar.

17. Ilmu Mantiq

Ilmu mantiq merupakan ilmu yang membahas tentang logika dalam bahasa Arab. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara berpikir yang logis dan rasional dalam bahasa Arab. Selain itu, ilmu mantiq juga membahas tentang kritik terhadap pemikiran yang tidak logis.

18. Ilmu Kalam Falsafi

Ilmu kalam falsafi merupakan ilmu yang membahas tentang konsep-konsep filosofis dalam Islam dengan menggunakan logika dan pemikiran rasional. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami konsep-konsep filosofis dalam Islam dengan cara yang logis dan rasional. Selain itu, ilmu kalam falsafi juga membahas tentang kritik terhadap konsep-konsep filosofis yang tidak logis.

19. Ilmu Fiqih Islam

Ilmu fiqih Islam merupakan ilmu yang membahas tentang hukum-hukum dalam Islam dengan menggunakan logika dan pemikiran rasional. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami hukum-hukum dalam Islam dengan cara yang logis dan rasional. Selain itu, ilmu fiqih Islam juga membahas tentang kritik terhadap hukum-hukum yang tidak logis.

20. Ilmu Tafsir Quran

Ilmu tafsir Quran merupakan ilmu yang membahas tentang tafsir Al-Quran dengan menggunakan logika dan pemikiran rasional. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami ayat-ayat Al-Quran dengan cara yang logis dan rasional. Selain itu, ilmu tafsir Quran juga membahas tentang kritik terhadap tafsir-tafsir Al-Quran yang tidak logis.

21. Ilmu Hadis Islam

Ilmu hadis Islam merupakan ilmu yang membahas tentang hadis-hadis Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan logika dan pemikiran rasional. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami hadis-hadis Nabi Muhammad SAW dengan cara yang logis dan rasional. Selain itu, ilmu hadis Islam juga membahas tentang kritik terhadap hadis-hadis yang tidak logis.

Pos Terkait:  Bacaan Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud

22. Ilmu Sirah Nabi

Ilmu sirah Nabi merupakan ilmu yang membahas tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami kehidupan Nabi Muhammad SAW dan menerapkan pengajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ilmu sirah Nabi juga membahas tentang kritik terhadap penafsiran yang salah tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW.

23. Ilmu Filsafat Islam

Ilmu filsafat Islam merupakan ilmu yang membahas tentang konsep-konsep filosofis dalam Islam dengan menggunakan logika dan pemikiran rasional. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami konsep-konsep filosofis dalam Islam dengan cara yang logis dan rasional. Selain itu, ilmu filsafat Islam juga membahas tentang kritik terhadap konsep-konsep filosofis yang tidak logis.

24. Ilmu Futuhul Ghaib

Ilmu futuhul ghaib merupakan ilmu yang membahas tentang pengetahuan gaib yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang terpilih. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami pengetahuan gaib yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, ilmu futuhul ghaib juga membahas tentang kritik terhadap penafsiran yang salah tentang pengetahuan gaib.

25. Ilmu Kasyf

Ilmu kasyf merupakan ilmu yang membahas tentang pengalaman-pengalaman gaib yang dialami oleh seseorang. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami pengalaman gaib yang dialaminya. Selain itu, ilmu kasyf juga membahas tentang kritik terhadap pengalaman gaib yang tidak benar.

26. Ilmu Hikmah

Ilmu hikmah merupakan ilmu yang membahas tentang kebijaksanaan dan pengetahuan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang terpilih. Dalam ilmu ini, seseorang diajarkan tentang cara-cara memahami kebijaksanaan dan pengetahuan yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu, ilmu hikmah juga membahas tentang kritik terhadap penafsiran yang salah tentang kebijaksanaan dan pengetahuan Allah SWT.

27. Ilmu Fikir dan Perenungan

Ilmu fikir dan perenungan merupakan ilmu yang membahas tentang cara-c