Umum

Jilbab Punuk Unta Begini Hukumnya: Panduan Lengkap dan Berdasarkan Al-Quran dan Hadits

×

Jilbab Punuk Unta Begini Hukumnya: Panduan Lengkap dan Berdasarkan Al-Quran dan Hadits

Share this article

Apa itu Jilbab Punuk Unta?

Jilbab punuk unta adalah salah satu jenis jilbab yang populer di Indonesia. Jilbab ini memiliki ciri khas pada bagian belakang yang terdapat punuk atau tonjolan yang menonjol. Banyak wanita muslim yang memilih memakai jilbab punuk unta karena dianggap lebih nyaman dan amanah dalam menutup aurat. Namun, masih banyak yang bingung mengenai hukum memakai jilbab punuk unta. Apakah halal atau haram?

Hukum Memakai Jilbab Punuk Unta dalam Islam

Menurut pandangan mayoritas ulama, memakai jilbab punuk unta tidaklah haram. Sebagai muslimah, kita dianjurkan untuk menutup seluruh aurat, termasuk rambut. Jilbab punuk unta mampu menutupi rambut dengan baik, sehingga tidak ada masalah jika kita memilih memakainya. Namun, apabila kita merasa tidak nyaman atau khawatir jilbab punuk unta tidak sesuai dengan kondisi lingkungan, maka kita boleh memilih jilbab lain yang lebih sesuai.

Berdasarkan Al-Quran dan Hadits

Al-Quran menyebutkan bahwa muslimah harus menutup auratnya dengan baik. Hal ini disebutkan dalam Surat Al-Ahzab ayat 59, “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Dalam hadits, juga disebutkan bahwa muslimah harus menutup auratnya dengan baik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wanita itu aurat, apabila ia keluar dari rumah, maka setan akan mengikuti dan melihatnya.” (HR. Tirmidzi).

Pos Terkait:  Inilah Makna Zakat: Menunaikan Kewajiban Agama dengan Berkah

Jilbab Punuk Unta dan Kebiasaan Masyarakat

Meskipun jilbab punuk unta tidak haram, namun ada beberapa ulama yang menyarankan untuk tidak memakainya. Hal ini dikarenakan jilbab punuk unta bisa menimbulkan fitnah dan tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat. Sebagai muslimah, kita harus memperhatikan lingkungan sekitar dan menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan keributan atau kegaduhan.

Menentukan Pilihan Jilbab yang Tepat

Berdasarkan pandangan ulama, kita boleh memilih jilbab punuk unta atau jilbab lainnya, asalkan mampu menutupi seluruh aurat dengan baik. Namun, sebelum memilih jilbab, kita harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Pertimbangkan kondisi lingkungan tempat tinggal kita. Apakah jilbab punuk unta sesuai dengan kondisi lingkungan atau tidak?
  • Pertimbangkan kenyamanan. Apakah kita merasa nyaman memakai jilbab punuk unta atau lebih nyaman dengan jilbab lainnya?
  • Pilih jilbab yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat sekitar. Hindari hal-hal yang bisa menimbulkan kegaduhan atau keributan.

Kesimpulan

Memakai jilbab punuk unta tidaklah haram, namun kita harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dan menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan keributan atau kegaduhan. Sebagai muslimah, kita harus memilih jilbab yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat dan mampu menutupi seluruh aurat dengan baik. Semoga artikel ini bisa memberikan panduan yang baik bagi para muslimah yang ingin memakai jilbab punuk unta atau jilbab lainnya.

Pos Terkait:  Lupa Membaca Doa Makan, Setan Pun Ikut Makan