Umum

Izhar: Makna, Arti, dan Keutamaannya dalam Islam

×

Izhar: Makna, Arti, dan Keutamaannya dalam Islam

Share this article

Apakah kamu pernah mendengar istilah izhar? Jika belum pernah, izhar adalah salah satu konsep penting dalam agama Islam yang memiliki makna dan arti yang sangat dalam. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian izhar, artinya, dan juga keutamaannya dalam Islam.

Pengertian Izhar

Izhar secara harfiah berarti menampakkan atau mengeluarkan suara. Dalam konteks agama Islam, izhar merujuk pada cara membaca huruf hijaiyah yang mengandung huruf hijaiyah izhar. Izhar merupakan salah satu cara membaca huruf hijaiyah yang mewajibkan pengucapan dengan suara yang jelas dan terbuka.

Menurut para ulama, izhar terbagi menjadi dua jenis, yaitu izhar halqi dan izhar syafawi. Izhar halqi terjadi ketika huruf hijaiyah izhar ditemukan di antara dua huruf yang berbeda. Sedangkan izhar syafawi terjadi ketika huruf hijaiyah izhar berdampingan dengan huruf yang sama.

Arti dan Makna Izhar

Arti dan makna izhar yang sebenarnya adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang ingin membaca Al-Quran dengan benar. Sebab, jika kita tidak membaca huruf hijaiyah yang mengandung izhar dengan benar, maka akan berdampak pada kesalahan bacaan dan makna yang salah.

Pos Terkait:  Fiqih Jual Beli: Syarat Sah dan Macam-macamnya

Di samping itu, izhar juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk penghormatan kepada Al-Quran sebagai kalam Allah SWT yang suci dan mulia. Dengan membaca Al-Quran dengan baik dan benar, kita menunjukkan rasa hormat dan penghormatan kita terhadap firman Allah SWT.

Keutamaan Izhar dalam Islam

Tidak hanya memiliki makna dan arti yang dalam, izhar juga memiliki keutamaan yang sangat besar dalam agama Islam. Berikut adalah beberapa keutamaan izhar dalam Islam:

1. Mendapat Pahala yang Besar

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, maka dia akan bersama-sama para malaikat yang mulia dan taat, dan barangsiapa membaca Al-Quran dengan cadel, maka dia akan mendapatkan dua pahala.”

Dari hadis ini, kita dapat memahami bahwa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, termasuk dalam membaca huruf hijaiyah izhar, akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

2. Menjaga Kehormatan Al-Quran

Dalam Islam, Al-Quran dianggap sebagai kalam Allah SWT yang suci dan mulia. Oleh karena itu, membaca Al-Quran dengan baik dan benar, termasuk dalam membaca huruf hijaiyah izhar, adalah sebuah bentuk menjaga kehormatan Al-Quran sebagai kalam Allah SWT yang suci dan mulia.

Pos Terkait:  Hikmah di Turunkannya Nabi Isa AS ke Dunia

3. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Dengan membaca Al-Quran dengan baik dan benar, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Sebab, dengan membaca Al-Quran dengan benar, kita dapat memahami makna dan pesan yang terkandung dalam Al-Quran secara lebih baik.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Di samping meningkatkan kualitas ibadah, membaca Al-Quran dengan baik dan benar, termasuk dalam membaca huruf hijaiyah izhar, juga dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Sebab, dengan memahami makna dan pesan yang terkandung dalam Al-Quran, kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Secara singkat, izhar adalah salah satu cara membaca huruf hijaiyah yang mewajibkan pengucapan dengan suara yang jelas dan terbuka. Izhar memiliki makna dan arti yang sangat dalam, yaitu sebagai bentuk penghormatan dan kewajiban bagi setiap muslim yang ingin membaca Al-Quran dengan benar.

Dalam Islam, izhar juga memiliki keutamaan yang besar, seperti mendapat pahala yang besar, menjaga kehormatan Al-Quran, meningkatkan kualitas ibadah, dan meningkatkan kualitas hidup. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, kita sebaiknya berusaha untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar, termasuk dalam membaca huruf hijaiyah izhar.