Umum

Ciri Orang yang Meninggalnya Suul Khatimah

×

Ciri Orang yang Meninggalnya Suul Khatimah

Share this article

Setiap orang pasti mengetahui bahwa kematian adalah suatu hal yang pasti terjadi. Namun, tidak semua orang meninggal dengan keadaan yang baik, ada yang meninggal dengan suul khatimah atau buruk. Suul khatimah adalah kondisi dimana seseorang meninggal dalam keadaan yang tidak baik, sehingga ia tidak mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang meninggalnya suul khatimah?

1. Tidak Membaca Kalimat Syahadat

Salah satu ciri orang yang meninggalnya suul khatimah adalah tidak membaca kalimat syahadat. Kalimat syahadat adalah kalimat Allah adalah satu-satunya Tuhan dan Muhammad adalah utusan-Nya. Kalimat ini merupakan syarat untuk menjadi seorang muslim dan juga syarat bagi seseorang untuk diterima di surga. Jika seseorang tidak membaca kalimat syahadat sebelum meninggal, maka ia akan dianggap mati dalam keadaan kafir.

2. Meninggal saat Berbuat Dosa Besar

Ciri lainnya adalah meninggal saat berbuat dosa besar. Dosa besar adalah dosa yang sangat berat dan sangat dilarang oleh agama. Contoh dosa besar adalah berzina, mencuri, membunuh, dan sebagainya. Jika seseorang meninggal saat berbuat dosa besar, maka ia akan mati dalam keadaan yang buruk dan tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

3. Tidak Menjaga Shalat

Shalat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Shalat juga merupakan salah satu syarat untuk memasuki surga. Jika seseorang tidak menjaga shalat dan meninggal dalam keadaan tidak shalat, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

Pos Terkait:  Saat Nabi Zulkifli Menjadi Raja

4. Sering Mengumpat dan Berkata Buruk

Mengumpat dan berkata buruk merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

5. Tidak Bersedekah dan Tidak Mengamalkan Amal Sholeh

Bersedekah dan mengamalkan amal sholeh adalah salah satu cara untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Jika seseorang tidak pernah bersedekah dan tidak pernah mengamalkan amal sholeh, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

6. Tidak Menghormati Orang Tua

Menghormati orang tua merupakan salah satu ajaran agama yang sangat penting. Jika seseorang tidak menghormati orang tua dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

7. Sering Mengabaikan Ibadah dan Berdoa

Ibadah dan berdoa merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika seseorang sering mengabaikan ibadah dan berdoa, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

8. Sering Membuat Orang Lain Tersakiti

Membuat orang lain tersakiti merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

9. Suka Menyakiti Hewan

Suka menyakiti hewan merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang suka melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

10. Tidak Menjaga Amanah

Amanah adalah sesuatu yang dipercayakan kepada seseorang untuk dijaga dan dipertanggungjawabkan. Jika seseorang tidak menjaga amanah dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

11. Sering Menerapkan Sifat Egois dan Tidak Peka Terhadap Orang Lain

Sifat egois dan tidak peka terhadap orang lain merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

12. Tidak Menjaga Lisan

Lisan adalah organ tubuh yang dapat mempengaruhi kebaikan dan keburukan seseorang. Jika seseorang tidak menjaga lisan dan sering berkata kasar atau menyakiti orang lain, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

13. Suka Memfitnah dan Menyebar Fitnah

Memfitnah dan menyebar fitnah merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

Pos Terkait:  Ketentuan Hukum Shalat Qabliyah dan Ba'diyah Dhuhur

14. Suka Membuat Keributan dan Konflik

Membuat keributan dan konflik merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

15. Sering Melakukan Tindakan yang Merugikan Orang Lain

Melakukan tindakan yang merugikan orang lain merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

16. Tidak Memiliki Rasa Syukur

Rasa syukur merupakan rasa yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Jika seseorang tidak memiliki rasa syukur dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

17. Tidak Menghargai Waktu

Waktu merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Jika seseorang tidak menghargai waktu dan sering membuang-buang waktu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

18. Sering Merasa Bangga dan Sombong

Merasa bangga dan sombong merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

19. Tidak Memiliki Rasa Empati terhadap Orang Lain

Rasa empati merupakan rasa yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Jika seseorang tidak memiliki rasa empati dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

20. Suka Menipu dan Menyembunyikan Kebenaran

Menipu dan menyembunyikan kebenaran merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

21. Tidak Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab merupakan rasa yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Jika seseorang tidak memiliki rasa tanggung jawab dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

22. Sering Berbuat Kepada dan Menyakiti Orang Lain

Berbuat kejahatan dan menyakiti orang lain merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

23. Sering Mengabaikan Kewajiban Agama

Kewajiban agama adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Jika seseorang sering mengabaikan kewajiban agama dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

24. Suka Membuat Orang Lain Merasa Tidak Nyaman

Membuat orang lain merasa tidak nyaman merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

Pos Terkait:  Hukum Menjawab Shalawat Saat Khutbah Jumat

25. Tidak Memiliki Rasa Sabar

Rasa sabar merupakan rasa yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Jika seseorang tidak memiliki rasa sabar dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

26. Tidak Menjaga Aqidah

Aqidah adalah keyakinan yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Jika seseorang tidak menjaga aqidahnya dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

27. Sering Mengambil Hak Orang Lain

Mengambil hak orang lain merupakan perilaku yang sangat tidak baik dan dilarang oleh agama. Jika seseorang sering melakukan hal tersebut dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

28. Tidak Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kebersihan diri dan lingkungan merupakan salah satu ajaran agama yang sangat penting. Jika seseorang tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungannya, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

29. Tidak Memiliki Rasa Kehormatan dan Penghormatan terhadap Orang Lain

Rasa kehormatan dan penghormatan merupakan rasa yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Jika seseorang tidak memiliki rasa kehormatan dan penghormatan terhadap orang lain dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

30. Tidak Memprioritaskan Ibadah dan Ketaatan kepada Allah SWT

Ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT merupakan prioritas utama bagi setiap muslim. Jika seseorang tidak memprioritaskan ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT dan meninggal dalam keadaan seperti itu, maka ia akan mati dalam keadaan suul khatimah.

Kesimpulan

Meninggal dalam keadaan suul khatimah adalah kondisi dimana seseorang meninggal dalam keadaan yang tidak baik, sehingga ia tidak mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Ada banyak ciri-ciri orang yang meninggalnya suul khatimah, antara lain tidak membaca kalimat syahadat, meninggal saat berbuat dosa besar, tidak menjaga shalat, sering mengumpat dan berkata buruk, tidak bersedekah dan tidak mengamalkan amal sholeh, tidak menghormati orang tua, sering mengabaikan ibadah dan berdoa, suka membuat orang lain tersakiti, suka menyakiti hewan, tidak menjaga amanah, sering menerapkan sifat egois dan tidak peka terhadap orang lain, tidak menjaga lisan, suka memfitnah dan menyebar fitnah, suka membuat keributan dan konflik, sering melakukan tindakan yang merugikan orang lain, tidak memiliki rasa syukur, tidak menghargai waktu, sering merasa bangga dan sombong, tidak memiliki rasa empati terhadap orang lain, suka menipu dan meny