Umum

Bentuk Asli Malaikat Jibril yang Ditampakkan pada Rasullah

×

Bentuk Asli Malaikat Jibril yang Ditampakkan pada Rasullah

Share this article

Sebagai umat muslim, kita semua tahu tentang Malaikat Jibril yang merupakan salah satu malaikat yang memiliki peran penting dalam agama Islam. Malaikat Jibril adalah malaikat yang dipercayai sebagai pemberi wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana bentuk asli dari Malaikat Jibril? Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bentuk asli Malaikat Jibril yang ditampakkan pada Rasullah.

Deskripsi Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiliki beberapa deskripsi dalam hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beberapa diantaranya adalah:

1. Malaikat Jibril memiliki 600 sayap yang mengisi seluruh cakrawala.

2. Malaikat Jibril memiliki wajah yang sangat indah dan cahaya yang sangat terang.

3. Malaikat Jibril memiliki suara yang sangat merdu dan lembut.

4. Malaikat Jibril memiliki kecepatan yang sangat tinggi sehingga bisa menempuh jarak yang sangat jauh dalam waktu yang sangat singkat.

Bentuk Asli Malaikat Jibril

Ketika ditanya tentang bentuk asli Malaikat Jibril, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa bentuk asli Malaikat Jibril tidak mungkin dilihat oleh manusia karena bentuknya yang sangat berbeda dengan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya.

Pos Terkait:  Inilah Akibat Negatif dari Panjang

Nabi Muhammad SAW pernah melihat Malaikat Jibril dalam bentuk yang berbeda-beda tergantung pada situasi. Namun, Malaikat Jibril tidak pernah menampakan diri dalam bentuk aslinya.

Meski begitu, ada beberapa hadits yang menceritakan tentang penampakan Malaikat Jibril dalam bentuk yang berbeda. Salah satunya adalah ketika Nabi Muhammad SAW melihat Malaikat Jibril dalam bentuk yang menakjubkan saat beliau melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.

Nabi Muhammad SAW juga pernah melihat Malaikat Jibril dalam bentuk manusia saat beliau sedang duduk bersama para sahabatnya. Malaikat Jibril datang dan bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang Islam, Iman dan Ihsan.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa bentuk asli Malaikat Jibril tidak mungkin dilihat oleh manusia karena bentuknya yang sangat berbeda dengan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya. Namun, Malaikat Jibril pernah menampakan diri dalam bentuk yang berbeda-beda tergantung pada situasi.

Sebagai umat muslim, kita harus selalu menghormati dan menghargai peran penting Malaikat Jibril dalam agama Islam. Kita juga harus selalu berusaha untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan mengikuti ajaran yang telah diberikan melalui wahyu yang diberikan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril.

Pos Terkait:  Doa Ukasyah RA, Arab, Latin, dan Terjemahannya