Arti Kata Tabarakallah: Keajaiban dan Keberkahan

Posted on

Tabarakallah adalah sebuah ungkapan yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kalangan umat muslim. Kata tersebut digunakan dalam berbagai situasi, mulai dari saat kita menyaksikan keindahan alam, hingga ketika kita mendengar kabar baik yang tidak terduga. Namun, tahukah Anda benar-benar apa arti dari kata tabarakallah?

Pengertian Tabarakallah

Secara harfiah, tabarakallah berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari tiga kata, yakni tabaraka, Allah, dan ta’ala. Tabaraka berarti diberkati, Allah merujuk kepada Tuhan, sedangkan ta’ala berarti yang maha tinggi. Jadi, ketika kita mengucapkan tabarakallah, artinya kita sedang memuji dan merasa kagum atas keagungan Tuhan yang memberikan keberkahan.

Keajaiban dan Keberkahan dalam Tabarakallah

Tabarakallah menjadi sebuah ungkapan yang sering diucapkan karena dianggap membawa keajaiban dan keberkahan. Sebagai umat muslim, kita percaya bahwa Tuhan memberikan keberkahan pada segala hal yang ada di dunia ini, baik itu alam semesta, manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ketika kita menyaksikan keindahan alam atau mendapat kabar baik yang tidak terduga, kita merasa kagum dan terkesima atas keajaiban dan keberkahan yang diberikan oleh Tuhan.

Pos Terkait:  Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Shalat

Di samping itu, ketika kita mengucapkan tabarakallah, kita juga berharap agar Tuhan senantiasa memberikan keberkahan pada segala hal yang ada di sekitar kita, termasuk keluarga, pekerjaan, dan lain sebagainya. Dengan mengucapkan tabarakallah, kita juga berdoa agar Tuhan senantiasa merahmati dan memberikan keberkahan pada segala hal yang kita lakukan.

Bagaimana Menggunakan Tabarakallah dengan Benar?

Menggunakan tabarakallah dengan benar sebenarnya sangat mudah. Kita dapat mengucapkannya ketika merasa kagum dan terkesima atas keajaiban dan keberkahan yang diberikan oleh Tuhan. Misalnya, ketika kita menyaksikan pemandangan yang indah, kita dapat mengucapkan tabarakallah. Atau ketika kita mendapat kabar baik yang tidak terduga, kita juga dapat mengucapkan tabarakallah sebagai ungkapan syukur atas keberkahan yang diberikan oleh Tuhan.

Di samping itu, kita juga dapat mengucapkan tabarakallah ketika ingin mengungkapkan kekaguman dan kekaguman atas kebaikan dan keberkahan yang diberikan oleh seseorang. Misalnya, ketika kita melihat seseorang yang dermawan dan selalu membantu orang lain, kita dapat mengucapkan tabarakallah sebagai ungkapan kekaguman dan penghargaan atas kebaikan yang dilakukannya.

Manfaat Mengucapkan Tabarakallah

Mengucapkan tabarakallah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sebagai umat muslim. Di antaranya adalah:

  1. Menumbuhkan rasa syukur dan kagum atas keajaiban dan keberkahan yang diberikan oleh Tuhan.
  2. Merupakan bentuk ibadah dan doa kepada Tuhan.
  3. Menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia.
  4. Merupakan bentuk ungkapan kekaguman dan penghargaan atas kebaikan dan keberkahan yang dilakukan oleh orang lain.
Pos Terkait:  Tanda Orang Malas: Mengenali Ciri-ciri Orang yang Malas

Penutup

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mengucapkan tabarakallah tanpa benar-benar mengetahui artinya. Padahal, mengucapkan tabarakallah memiliki makna yang sangat dalam dan membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita sebagai umat muslim. Oleh karena itu, mari kita selalu mengucapkan tabarakallah dengan benar dan penuh penghayatan, agar kita senantiasa merasakan keajaiban dan keberkahan yang diberikan oleh Tuhan.