Umum

Sudah Sejak Lama Al Quran Tegaskan Bentuk Bumi Bulat

×

Sudah Sejak Lama Al Quran Tegaskan Bentuk Bumi Bulat

Share this article

Bumi adalah salah satu planet yang kita tempati. Sejak dahulu kala, manusia memang telah mengenal bahwa bumi ini memiliki bulatan yang sangat besar. Namun, tidak semua orang mempercayai hal tersebut. Ada yang mempercayai bahwa bumi itu datar. Namun, Al Quran telah mengajarkan kepada kita bahwa bumi ini bukanlah datar, melainkan bulat.

Bukti dari Al Quran

Al Quran adalah kitab suci bagi umat Muslim. Kitab ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan di dalamnya terdapat banyak sekali ayat-ayat yang mengajarkan tentang kebenaran dan keadilan. Salah satu ayat yang membuktikan bahwa bumi itu bulat terdapat pada surah An-Naml ayat 88.

“Dan engkau lihat gunung-gunung itu dan kamu sanjung sebagai bumi yang tetap, padahal mereka berjalan sebagaimana berjalan awan. Itu adalah ciptaan Allah yang menyempurnakan segala sesuatu. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang kamu perbuat.”

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menyebutkan bahwa bumi itu bergerak dan bergoyang layaknya awan. Hal ini menunjukkan bahwa bumi itu bukanlah datar, melainkan bulat. Kita dapat membayangkan bumi seperti bola yang berputar di angkasa.

Pos Terkait:  10 Ayat tentang Perintah dan Wasiat Takwa dalam Al-Qur'an

Bukti dari Ilmu Pengetahuan

Selain Al Quran, ilmu pengetahuan juga memberikan bukti bahwa bumi itu bulat. Ada beberapa bukti yang dapat kita temukan, seperti:

  1. Gerhana bulan
  2. Bentuk bayangan bumi pada gerhana matahari
  3. Bukti dari penerbangan pesawat terbang
  4. Bukti dari pengamatan bintang

Semua bukti tersebut menunjukkan bahwa bumi itu bulat. Gerhana bulan, misalnya, terjadi ketika bumi berada di antara matahari dan bulan. Bayangan bumi pada gerhana matahari juga menunjukkan bahwa bumi itu bulat. Ketika pesawat terbang melintasi bumi, kita juga dapat melihat bentuk bumi yang bulat. Begitu juga dengan pengamatan bintang, yang menunjukkan bahwa bumi itu bulat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, sudah sangat jelas bahwa bumi itu bulat. Al Quran telah mengajarkan kepada kita bahwa bumi itu bukan datar, melainkan bulat. Ilmu pengetahuan juga memberikan bukti yang sangat jelas bahwa bumi itu bulat. Oleh karena itu, kita harus selalu mempercayai apa yang telah diajarkan oleh Al Quran dan ilmu pengetahuan.