Umum

Sebab-sebab Perbuatan Syirik dan Bentuknya

×

Sebab-sebab Perbuatan Syirik dan Bentuknya

Share this article

Syirik adalah satu perbuatan yang paling dibenci oleh Allah SWT. Syirik terbagi menjadi dua macam yaitu syirik besar dan syirik kecil. Syirik besar adalah perbuatan mentauhidkan selain Allah SWT, sedangkan syirik kecil adalah perbuatan yang dapat mengeluarkan seseorang dari agama Islam.

Sebab-Sebab Perbuatan Syirik

Ada beberapa sebab perbuatan syirik, di antaranya:

1. Kurangnya Pengetahuan tentang Tauhid

Sebagian besar orang yang melakukan perbuatan syirik adalah karena kurangnya pengetahuan tentang tauhid. Mereka tidak memahami bahwa hanya Allah SWT yang memiliki hak untuk disembah dan diibadahi. Sehingga, mereka melakukan perbuatan syirik dengan memuja atau mengagungkan selain Allah SWT.

2. Pengaruh dari Lingkungan

Lingkungan yang kurang Islami dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan perbuatan syirik. Terutama jika lingkungan tersebut mempraktikkan perbuatan syirik secara terbuka dan dianggap sebagai hal yang normal.

3. Kebutuhan Ekonomi

Terkadang, seseorang melakukan perbuatan syirik karena kebutuhan ekonomi. Mereka berpikir bahwa dengan melakukan perbuatan syirik, mereka akan mendapatkan keberuntungan atau kekayaan yang lebih banyak.

Pos Terkait:  Dua Penyebab Qabil Putra Nabi Adam AS

4. Kurangnya Iman dan Takwa

Kurangnya iman dan takwa juga dapat membuat seseorang melakukan perbuatan syirik. Mereka tidak mempercayai bahwa hanya Allah SWT yang dapat memberikan keberuntungan atau perlindungan.

Bentuk Perbuatan Syirik

Bentuk perbuatan syirik bermacam-macam, di antaranya:

1. Syirik Akbar

Syirik akbar adalah perbuatan yang mentauhidkan selain Allah SWT. Contohnya adalah memuja berhala, meminta pertolongan kepada selain Allah SWT, dan mempercayai bahwa selain Allah SWT dapat memberikan manfaat atau mudharat.

2. Syirik Kecil

Syirik kecil adalah perbuatan yang dapat mengeluarkan seseorang dari agama Islam. Contohnya adalah merendahkan atau mempersekutukan nama Allah dengan nama lain, seperti mengatakan “Allah dan Muhammad” atau “Allah dan ibu saya”.

3. Syirik Khafi

Syirik khafi adalah perbuatan syirik yang tidak disadari oleh pelakunya. Contohnya adalah merasa bahwa keberuntungan atau kesuksesan hanya berasal dari diri sendiri tanpa memperhitungkan bahwa Allah SWT lah yang memberikan segala sesuatu.

Kesimpulan

Perbuatan syirik adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebab-sebab perbuatan syirik antara lain kurangnya pengetahuan tentang tauhid, pengaruh dari lingkungan, kebutuhan ekonomi, dan kurangnya iman dan takwa. Bentuk perbuatan syirik meliputi syirik akbar, syirik kecil, dan syirik khafi. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita harus selalu menjaga keimanan dan takwa kita serta mempelajari tauhid secara mendalam untuk menghindari perbuatan syirik.

Pos Terkait:  Penyakit Ain: Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatan