Umum

Pengertian Takdir Muallaq dan Takdir Mubram

×

Pengertian Takdir Muallaq dan Takdir Mubram

Share this article

Takdir adalah sebuah kejadian yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh Allah SWT. Ada dua jenis takdir yaitu takdir muallaq dan takdir mubram. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dari kedua jenis takdir ini.

Pengertian Takdir Muallaq

Takdir muallaq adalah takdir yang masih dapat diubah oleh manusia. Artinya, apabila manusia melakukan suatu tindakan, maka takdir tersebut bisa berubah. Takdir muallaq ini disebut juga sebagai takdir yang ditentukan oleh Allah SWT namun masih bergantung pada tindakan manusia.

Contoh dari takdir muallaq adalah ketika seseorang memiliki takdir untuk menjadi seorang dokter, namun jika ia tidak belajar dengan serius dan tidak meluangkan waktu untuk belajar, maka takdir tersebut bisa berubah dan ia tidak akan menjadi dokter.

Pengertian Takdir Mubram

Takdir mubram adalah takdir yang sudah pasti terjadi dan tidak dapat diubah oleh manusia. Takdir mubram ini sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan manusia tidak bisa mengubahnya. Takdir mubram ini disebut juga sebagai takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan tidak bisa diubah.

Contoh dari takdir mubram adalah ketika seseorang memiliki takdir untuk meninggal dunia pada suatu waktu tertentu. Takdir ini sudah ditetapkan oleh Allah SWT dan manusia tidak bisa mengubahnya.

Perbedaan Takdir Muallaq dan Takdir Mubram

Perbedaan utama dari takdir muallaq dan takdir mubram adalah bahwa takdir muallaq masih dapat diubah oleh manusia sedangkan takdir mubram sudah pasti terjadi dan tidak bisa diubah. Selain itu, takdir muallaq bergantung pada tindakan manusia sedangkan takdir mubram sudah ditetapkan oleh Allah SWT.

Contoh lain dari perbedaan takdir muallaq dan takdir mubram adalah ketika seseorang memiliki takdir untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Jika ia bekerja keras dan melakukan tindakan yang baik, maka takdir tersebut bisa terwujud. Namun, jika ia malas dan tidak melakukan apa-apa, maka takdir tersebut tidak akan terjadi.

Sedangkan contoh lain dari takdir mubram adalah ketika seseorang memiliki takdir untuk menjadi janda pada suatu waktu tertentu. Takdir ini sudah pasti terjadi dan tidak bisa diubah oleh manusia.

Akhir Kata

Secara singkat, takdir muallaq adalah takdir yang masih bergantung pada tindakan manusia sedangkan takdir mubram sudah pasti terjadi dan tidak bisa diubah. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa agar takdir yang baik terjadi pada kita.