Umum

Pahala Puasa Hari di Bulan Muharram Sama dengan Pahala Puasa Hari, Benarkah?

×

Pahala Puasa Hari di Bulan Muharram Sama dengan Pahala Puasa Hari, Benarkah?

Share this article

Pengertian Puasa

Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan hal-hal yang membatalkannya dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kesabaran, menguatkan iman, hingga meningkatkan kesehatan.

Bulan Muharram

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Bulan ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah puasa pada hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Puasa pada hari Asyura adalah puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Pahala Puasa Hari di Bulan Muharram

Banyak yang berpendapat bahwa pahala puasa hari di bulan Muharram sama dengan pahala puasa hari lainnya. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa pahala puasa hari di bulan Muharram lebih besar dari pahala puasa hari lainnya.

Pendapat yang Mengatakan Pahala Puasa Hari di Bulan Muharram Sama dengan Pahala Puasa Hari Lainnya

Ada beberapa alasan yang dikemukakan oleh mereka yang mengatakan bahwa pahala puasa hari di bulan Muharram sama dengan pahala puasa hari lainnya. Pertama, puasa pada hari Asyura bukanlah wajib, melainkan hanya sunnah. Kedua, tidak ada hadis yang menjelaskan bahwa pahala puasa hari di bulan Muharram lebih besar dari pahala puasa hari lainnya.

Pos Terkait:  Biografi Abdullah bin Amr bin As RA

Pendapat yang Mengatakan Pahala Puasa Hari di Bulan Muharram Lebih Besar dari Pahala Puasa Hari Lainnya

Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa pahala puasa hari di bulan Muharram lebih besar dari pahala puasa hari lainnya. Pendapat ini didasarkan pada beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan bulan Muharram. Rasulullah SAW bersabda, “Puasa pada bulan Muharram itu lebih utama dari pada puasa di bulan-bulan lainnya, kecuali puasa pada bulan Ramadhan.” (HR. Muslim)

Keutamaan Bulan Muharram

Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan. Selain puasa pada hari Asyura, ada juga puasa pada hari-hari tertentu di bulan Muharram yang juga memiliki pahala yang besar. Rasulullah SAW bersabda, “Puasa tiga hari pada setiap bulan itu sama seperti puasa sepanjang tahun, dan puasa pada bulan Muharram itu seperti puasa sepanjang masa.” (HR. Muslim)

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa pahala puasa hari di bulan Muharram sama dengan pahala puasa hari lainnya. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa pahala puasa hari di bulan Muharram lebih besar dari pahala puasa hari lainnya. Oleh karena itu, kita sebaiknya tidak hanya berpuasa pada bulan Muharram saja, melainkan juga berpuasa pada bulan-bulan lainnya untuk mendapatkan pahala yang lebih besar. Selain itu, kita juga harus tetap memperhatikan niat dan tujuan kita dalam berpuasa, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pos Terkait:  Hewan Peliharaan Nabi Muhammad