Umum

Keutamaan dan Manfaat Berdakwah dalam Islam

×

Keutamaan dan Manfaat Berdakwah dalam Islam

Share this article

Dalam agama Islam, dakwah atau menyebarkan agama Islam adalah satu dari tugas utama umat muslim. Berdakwah tidak hanya bertujuan untuk menyebarkan agama Islam saja, tetapi juga untuk memperbaiki perilaku dan moral masyarakat.

Keutamaan Berdakwah dalam Islam

Keutamaan berdakwah dalam Islam sangatlah besar, di antaranya:

1. Menjadi Penolong Allah

Dalam Al-Quran Surah As-Saff ayat 13, Allah SWT berfirman “Allah akan berfirman: ‘Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku padamu dan pada ibumu ketika Aku menguatkan kamu dengan Rohul Kudus, kamu dapat berbicara dengan manusia dalam kandungan dan dalam keadaan besar, dan (ingatlah) ketika Aku mengajarkan kepadamu Kitab, Al-Kitab (Al-Injil), hikmah, Taurat dan Injil, dan ketika kamu menciptakan dari tanah dengan izin-Ku (suatu bentuk) seperti bentuk burung, kemudian kamu menghembuskannya, lalu (bentuk itu) menjadi seekor burung dengan izin-Ku, dan (ingatlah) ketika kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit sopak dengan izin-Ku, dan (ingatlah) ketika kamu mengeluarkan orang mati dari kubur dengan izin-Ku. Dan (ingatlah) ketika Aku menghalangi Bani Israil daripadamu ketika kamu datang kepada mereka dengan bukti-bukti yang nyata, maka orang-orang yang kafir di antara mereka berkata: ‘Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata’”.

Pos Terkait:  Tabel 99 Asmaul Husna dan Artinya

Dalam ayat tersebut, Allah memberikan tugas kepada Nabi Isa AS untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa berdakwah adalah tugas mulia yang diberikan langsung oleh Allah SWT.

2. Menjadi Penyelamat

Berdakwah juga merupakan tugas untuk menyelamatkan manusia dari kegelapan dosa dan kesesatan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Quran Surah Al-Jumu’ah ayat 2, “Dia (Allah) yang mengutus seorang Rasul di antara orang-orang Arab untuk membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, membersihkan mereka (dari dosa), dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah, walaupun sebelum (kedatangan) Rasul itu mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”

3. Menjadi Pahala yang Besar

Menurut hadis dari Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.”

Artinya, jika seseorang berdakwah dan berhasil mengajak orang lain untuk masuk Islam, maka ia akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang masuk Islam tersebut.

Manfaat Berdakwah dalam Islam

Berdakwah tidak hanya memberikan keutamaan, tetapi juga memberikan manfaat bagi para pelakunya. Berikut adalah beberapa manfaat berdakwah dalam Islam:

1. Menambah Keimanan

Menyebarkan agama Islam atau berdakwah dapat meningkatkan keimanan seseorang. Dalam proses berdakwah, seseorang akan berbicara tentang agama Islam dan mempelajari lebih banyak tentang Islam, sehingga meningkatkan pengetahuan dan keimanan mereka.

Pos Terkait:  Baca Al Quran Hanya Latinnya Saja, Bolehkah?

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Berdakwah juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, karena dengan berdakwah, seseorang akan memperbaiki perilaku dan moralnya. Hal ini akan berdampak positif pada kehidupan sehari-hari dan hubungan dengan orang lain.

3. Meningkatkan Kesabaran

Berdakwah juga dapat meningkatkan kesabaran seseorang. Dalam proses berdakwah, seseorang mungkin akan mengalami berbagai rintangan dan tantangan. Namun, dengan melalui proses ini, seseorang akan belajar untuk bersabar dan menghadapi masalah dengan tenang.

Cara Berdakwah dalam Islam

Untuk dapat berdakwah dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Memiliki Pengetahuan yang Cukup

Sebelum berdakwah, seseorang harus mempelajari dan memahami agama Islam terlebih dahulu. Hal ini penting agar seseorang dapat memberikan penjelasan yang benar dan memperkuat argumennya saat berdakwah.

2. Menyampaikan dengan Bijaksana

Saat berdakwah, seseorang harus menyampaikan dengan cara yang bijaksana dan tidak memaksa. Hal ini penting agar orang yang didakwahi merasa nyaman dan tidak merasa terpaksa.

3. Berdakwah dengan Tindakan

Berdakwah tidak selalu harus dilakukan dengan ucapan, tetapi juga bisa dilakukan dengan tindakan. Misalnya, dengan menunjukkan perilaku yang baik dan memperkuat nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Pos Terkait:  Bacaan Melihat Hantu - Apakah Ada yang Benar-Benar Bisa?

Kesimpulan

Berdakwah dalam Islam adalah tugas mulia yang diberikan langsung oleh Allah SWT. Selain memberikan keutamaan, berdakwah juga memberikan manfaat bagi para pelakunya. Untuk dapat berdakwah dengan baik, seseorang harus mempelajari dan memahami agama Islam, menyampaikan dengan cara yang bijaksana, dan berdakwah dengan tindakan. Mari kita semua berdakwah dengan cara yang baik dan memberikan manfaat bagi orang lain.