Umum

Isi Kandungan Al Quran Surat Al Isra

×

Isi Kandungan Al Quran Surat Al Isra

Share this article

Al-Quran merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Muslim di seluruh dunia. Al-Quran terdiri dari 114 surat yang terdiri dari ayat-ayat yang sangat bermakna dan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu surat yang sangat populer dan sering dibaca oleh umat Muslim adalah Surat Al Isra. Surat ini memiliki banyak kandungan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Berikut ini akan dijelaskan isi kandungan Al Quran Surat Al Isra.

Keutamaan Surat Al Isra

Sebelum membahas isi kandungan Al Quran Surat Al Isra, terlebih dahulu harus diketahui keutamaan dari surat ini. Surat Al Isra termasuk dalam kelompok surat Makkiyah. Surat Makkiyah adalah surat yang diturunkan di Mekah sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Surat Al Isra juga dikenal dengan nama Surat Bani Israil. Surat ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:

  • Surat Al Isra merupakan salah satu surat yang paling sering dibaca oleh umat Muslim.
  • Surat Al Isra memiliki banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil untuk kehidupan sehari-hari.
  • Surat Al Isra memiliki banyak ayat yang mendorong umat Muslim untuk berbuat kebajikan dan meninggalkan perilaku yang buruk.
Pos Terkait:  Amul Huzni Tahun Kesedihan Rasulullah

Isi Kandungan Al Quran Surat Al Isra

Surat Al Isra terdiri dari 111 ayat yang sangat bermakna. Berikut ini adalah isi kandungan Al Quran Surat Al Isra:

Ayat 1-7: Keajaiban Isra dan Mikraj

Surat Al Isra dimulai dengan menceritakan tentang keajaiban Isra dan Mikraj. Isra dan Mikraj adalah peristiwa di mana Nabi Muhammad diangkat ke langit oleh Allah SWT. Di langit, Nabi Muhammad bertemu dengan para nabi dan menerima banyak ilmu dan hikmah dari mereka. Peristiwa Isra dan Mikraj menjadi bukti kebesaran Allah SWT dan kebenaran risalah Nabi Muhammad.

Ayat 8-22: Larangan Berbuat Keburukan

Setelah menceritakan tentang keajaiban Isra dan Mikraj, Surat Al Isra kemudian membahas tentang larangan berbuat keburukan. Dalam ayat-ayat ini, Allah SWT memberikan perintah kepada umat Muslim untuk berlaku baik dan meninggalkan perilaku yang buruk. Beberapa perilaku yang dilarang di antaranya adalah menyembah berhala, membunuh, melakukan zina, dan merampok.

Ayat 23-39: Keutamaan Orang Tua

Setelah membahas tentang larangan berbuat keburukan, Surat Al Isra kemudian membahas tentang keutamaan orang tua. Dalam ayat-ayat ini, Allah SWT menjelaskan betapa pentingnya untuk menghormati dan memuliakan orang tua. Allah SWT juga memberikan perintah kepada umat Muslim untuk berbuat baik kepada orang tua dan tidak mengucapkan kata-kata kasar kepada mereka.

Pos Terkait:  Kisah Rasulullah SAW Mengeluarkan Air

Ayat 40-55: Keutamaan Zakat

Setelah membahas tentang keutamaan orang tua, Surat Al Isra kemudian membahas tentang keutamaan zakat. Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu. Dalam ayat-ayat ini, Allah SWT menjelaskan betapa pentingnya untuk memberikan zakat dan menginfakkan harta untuk kepentingan umat Muslim yang membutuhkan.

Ayat 56-65: Larangan Memusuhi Orang Lain

Setelah membahas tentang keutamaan zakat, Surat Al Isra kemudian membahas tentang larangan memusuhi orang lain. Dalam ayat-ayat ini, Allah SWT memberikan perintah kepada umat Muslim untuk berlaku baik kepada orang lain dan tidak memusuhi mereka. Hal ini sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan umat Muslim.

Ayat 66-77: Pentingnya Beribadah Kepada Allah SWT

Setelah membahas tentang larangan memusuhi orang lain, Surat Al Isra kemudian membahas tentang pentingnya beribadah kepada Allah SWT. Dalam ayat-ayat ini, Allah SWT menjelaskan betapa pentingnya untuk beribadah kepada-Nya dan menghindari dosa-dosa. Allah SWT juga memberikan perintah kepada umat Muslim untuk selalu mengingat-Nya dan memohon ampunan-Nya.

Ayat 78-84: Pentingnya Berbuat Baik

Setelah membahas tentang pentingnya beribadah kepada Allah SWT, Surat Al Isra kemudian membahas tentang pentingnya berbuat baik. Dalam ayat-ayat ini, Allah SWT memberikan perintah kepada umat Muslim untuk berbuat baik kepada sesama manusia dan binatang. Hal ini sangat penting untuk menjaga keharmonisan dan keseimbangan alam semesta.

Pos Terkait:  Contoh Soal dan Kunci Jawaban USBN

Ayat 85-104: Pentingnya Berpikir dan Bertindak Bijaksana

Setelah membahas tentang pentingnya berbuat baik, Surat Al Isra kemudian membahas tentang pentingnya berpikir dan bertindak bijaksana. Dalam ayat-ayat ini, Allah SWT memberikan perintah kepada umat Muslim untuk berpikir dan bertindak dengan hati-hati. Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahan dan kegagalan dalam kehidupan.

Ayat 105-111: Penutup Surat Al Isra

Surat Al Isra ditutup dengan menyebutkan bahwa Al-Quran adalah petunjuk dan rahmat bagi umat Muslim. Allah SWT juga memberikan perintah kepada umat Muslim untuk selalu memohon ampunan-Nya dan menghindari dosa-dosa. Dengan demikian, Surat Al Isra menjadi sebuah surat yang sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan umat Muslim di seluruh dunia.

Kesimpulan

Surat Al Isra adalah salah satu surat yang sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan umat Muslim. Surat ini berisi banyak pelajaran dan hikmah yang dapat diambil untuk kehidupan sehari-hari. Dalam Surat Al Isra, Allah SWT memberikan perintah kepada umat Muslim untuk berbuat baik, menjaga persatuan dan kesatuan umat Muslim, serta selalu mengingat-Nya dan memohon ampunan-Nya. Dengan memahami isi kandungan Al Quran Surat Al Isra, diharapkan umat Muslim dapat menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat sekitar.