Umum

Ini Perbedaan Kurma Muda Ruthab dan Tamr

×

Ini Perbedaan Kurma Muda Ruthab dan Tamr

Share this article

Kurma merupakan buah yang populer di Indonesia dan juga di negara-negara Timur Tengah. Di Indonesia, kurma biasa dijadikan sebagai buah yang dihidangkan saat bulan puasa tiba. Namun, tahukah kamu bahwa ada dua jenis kurma yang berbeda yaitu kurma muda ruthab dan tamr?

Apa itu Kurma Muda Ruthab?

Kurma muda ruthab adalah kurma yang belum matang sepenuhnya. Buah ini masih memiliki rasa yang asam dan warna yang hijau kekuningan. Kurma muda ruthab biasanya dijual dalam bentuk segar dan masih memiliki tangkai di ujungnya. Kandungan gula dalam kurma muda ruthab belum terbentuk sepenuhnya, sehingga kurma ini memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan kurma tamr.

Apa itu Kurma Tamr?

Kurma tamr adalah kurma yang telah matang sepenuhnya. Buah ini memiliki warna yang kecoklatan dan rasanya yang manis. Kurma tamr biasanya dijual dalam bentuk kering dan tanpa tangkai. Kandungan gula dalam kurma tamr lebih tinggi dibandingkan dengan kurma muda ruthab karena gula di dalam kurma tamr sudah terbentuk sepenuhnya.

Pos Terkait:  Pengertian Iffah Menjaga Kehormatan

Perbedaan Antara Kurma Muda Ruthab dan Tamr

Perbedaan yang paling mencolok antara kurma muda ruthab dan tamr adalah warna dan rasa. Kurma muda ruthab memiliki warna yang hijau kekuningan dan rasa yang masih asam, sedangkan kurma tamr memiliki warna yang kecoklatan dan rasa yang manis.

Selain warna dan rasa, perbedaan lainnya antara kedua jenis kurma ini adalah kandungan gula. Kurma tamr memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan kurma muda ruthab karena gula di dalam kurma tamr sudah terbentuk sepenuhnya. Selain itu, kurma tamr juga lebih mudah dicerna oleh tubuh karena kandungan seratnya yang lebih rendah dibandingkan dengan kurma muda ruthab.

Manfaat Kurma Muda Ruthab dan Tamr

Kurma muda ruthab dan tamr memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa manfaat kurma muda ruthab:

– Mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh

– Mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan

– Mengandung kalium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung

Sementara itu, berikut adalah beberapa manfaat kurma tamr:

– Mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia

– Mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel

Pos Terkait:  Perbedaan antara Zakat, Sedekah, Infak, Hibah, dan Hadiah

– Mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang

Cara Mengonsumsi Kurma Muda Ruthab dan Tamr

Kurma muda ruthab dapat dikonsumsi sebagai buah segar atau diolah menjadi jus. Sementara itu, kurma tamr biasanya dijual dalam bentuk kering dan dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan lain seperti kue atau dodol.

Jika ingin membeli kurma, pastikan untuk memilih kurma yang berkualitas dan segar. Untuk kurma muda ruthab, pilihlah kurma yang masih memiliki tangkai di ujungnya dan memiliki warna yang cerah. Sementara itu, untuk kurma tamr, pilihlah kurma yang tidak terlalu kering dan masih memiliki kualitas yang baik.

Kesimpulan

Kurma muda ruthab dan tamr memiliki perbedaan yang mencolok dari segi warna, rasa, dan kandungan gula. Meskipun demikian, kedua jenis kurma ini memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda dan dapat dikonsumsi dengan cara yang berbeda pula. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih kurma yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhanmu.