Umum

Doa Mandi Junub: Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Badan

×

Doa Mandi Junub: Cara Membersihkan Diri Setelah Berhubungan Badan

Share this article

Berhubungan badan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh pasangan suami istri. Namun, setelah melakukan hubungan badan, kita harus membersihkan diri dengan mandi junub. Mandi junub merupakan mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dari hadats besar, salah satunya adalah hubungan badan. Berikut adalah doa mandi junub yang bisa kita baca saat mandi junub.

1. Memahami Hadats Besar

Saat melakukan hubungan badan, kita mengalami hadats besar. Hadats besar adalah suatu keadaan dimana seseorang harus membersihkan diri dengan mandi junub. Hadats besar juga terjadi saat keluar mani ataupun setelah haid atau nifas.

2. Persiapan Mandi Junub

Sebelum melakukan mandi junub, pastikan kita sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Hal yang perlu disiapkan antara lain air bersih, sabun, serta tempat mandi yang bersih.

Pos Terkait:  Nafisah binti Munyah, 'Mak Comblang' Khadijah-Muhammad

3. Niat Mandi Junub

Sebelum melakukan mandi junub, kita harus membaca niat mandi junub terlebih dahulu. Niat mandi junub ini berfungsi agar kita bisa fokus dan khusyuk dalam membersihkan diri.

4. Doa Sebelum Mandi Junub

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahilladzi at’amana wasaqana waja’alana muslimin. Allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khabaa’itsi.

5. Membasuh Seluruh Tubuh

Setelah membaca niat dan doa, kita bisa memulai mandi junub dengan membuka aurat dan membaca basmalah. Kemudian, basahi seluruh tubuh dengan air bersih.

6. Menggosok Seluruh Tubuh

Setelah seluruh tubuh basah, kita bisa menggosok seluruh tubuh dengan sabun. Gosok dengan lembut dan merata agar seluruh kotoran terangkat.

7. Membaca Doa saat Menggosok Kepala

Allahumma a’inni ‘ala dhikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatika.

8. Mengalirkan Air ke Seluruh Tubuh

Setelah selesai menggosok seluruh tubuh, lap dengan handuk dan alirkan air ke seluruh tubuh agar sabun terangkat dengan sempurna.

9. Membaca Doa saat Membasuh Kaki

Bismillahil ladzi la ilaha illa huwa.

10. Menyiram Air ke Seluruh Tubuh

Setelah selesai membaca doa, kita bisa menyiram air ke seluruh tubuh agar kotoran terangkat dengan baik.

11. Doa setelah Mandi Junub

Setelah selesai mandi junub, kita bisa membaca doa berikut.

“Ashhadu alla ilaha illa allah wahdahu la syarika lah wa ashhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Allahumma aj’alni minat tawwabin wa aj’alni minal mutathahhirin.”

12. Keutamaan Mandi Junub

Mandi junub merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain membersihkan diri dari hadats besar, mandi junub juga memiliki keutamaan tersendiri.

13. Membersihkan Diri dari Dosa

Dalam Islam, mandi junub juga diartikan sebagai membersihkan diri dari dosa. Sehingga, setelah mandi junub, kita akan merasa lebih tenang dan bersih.

Pos Terkait:  Ibnu Athaillah Soal Keturunan Nabi yang Terputus

14. Menjaga Kebersihan Tubuh

Mandi junub juga merupakan cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Setelah berhubungan badan, tubuh kita akan terasa lebih lelah dan kotor. Dengan mandi junub, kita bisa membersihkan diri secara menyeluruh.

15. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Mandi junub juga bisa meningkatkan kualitas ibadah kita. Dengan membersihkan diri dari hadats besar, kita bisa lebih khusyuk dalam melakukan sholat dan ibadah lainnya.

16. Menjaga Kesehatan

Mandi junub juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Setelah mandi junub, tubuh kita akan terasa lebih segar dan lelah pun hilang.

17. Berdampak Positif pada Kehidupan Seksual

Mandi junub juga bisa berdampak positif pada kehidupan seksual kita. Dengan menjaga kebersihan tubuh, kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit kelamin.

18. Menghindari Gangguan Jin

Mandi junub juga bisa menghindarkan kita dari gangguan jin. Jin biasanya suka mengganggu orang yang tidak menjaga kebersihannya.

19. Cara Mandi Junub bagi Wanita

Bagi wanita, cara mandi junub hampir sama dengan cara mandi biasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti membersihkan organ intim dengan benar.

20. Cara Mandi Junub bagi Pria

Bagi pria, cara mandi junub juga hampir sama dengan cara mandi biasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti membersihkan organ intim dengan benar.

21. Doa Mandi Junub untuk Suami Istri

Bagi suami istri yang sudah melakukan hubungan badan, ada doa mandi junub yang bisa dibaca bersama-sama sebelum mandi junub.

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahilladzi at’amana wasaqana waja’alana muslimin. Allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khabaa’itsi.

Pos Terkait:  Sejarah Latar Belakang dan Proses

22. Kebersihan adalah Sebagian dari Iman

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan tubuh kita dengan baik.

23. Menjaga Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan fisik, mandi junub juga bisa menjaga kesehatan mental kita. Setelah mandi junub, kita akan merasa lebih tenang dan rileks.

24. Tidak Ada Batasan dalam Mandi Junub

Tidak ada batasan dalam mandi junub. Kita bisa mandi junub sebanyak yang kita butuhkan.

25. Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Mandi junub juga bisa menjaga keharmonisan rumah tangga. Dengan menjaga kebersihan tubuh, kita akan terlihat lebih menarik di mata pasangan kita.

26. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Mandi junub juga bisa menjaga kesehatan reproduksi kita. Dengan menjaga kebersihan tubuh, kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit kelamin yang bisa mengganggu kesehatan reproduksi kita.

27. Menjaga Kehormatan Diri

Mandi junub juga bisa menjaga kehormatan diri kita. Dengan menjaga kebersihan tubuh, kita akan terlihat lebih berkelas dan terhormat di mata orang lain.

28. Menjaga Konsistensi dalam Ibadah

Mandi junub juga bisa menjaga konsistensi dalam ibadah. Dengan membersihkan diri dari hadats besar, kita bisa lebih konsisten dalam melakukan ibadah.

29. Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Pasangan

Mandi junub juga bisa menjaga kesehatan mental dan fisik pasangan kita. Dengan mandi junub, kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit kelamin yang bisa mengganggu kesehatan pasangan kita.

30. Kesimpulan

Mandi junub merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain membersihkan diri dari hadats besar, mandi junub juga memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan tubuh kita dengan baik dan selalu membaca doa mandi junub saat melakukan mandi junub.