Umum

Contoh Soal dan Jawaban USBN Dasar

×

Contoh Soal dan Jawaban USBN Dasar

Share this article

USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional adalah salah satu bentuk evaluasi akhir tahun bagi siswa SD, SMP, dan SMA di Indonesia. USBN bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari selama satu tahun ajaran. Bagi siswa yang akan menghadapi USBN, tentu saja perlu mempersiapkan diri dengan baik, termasuk dengan mempelajari contoh soal dan jawaban USBN dasar.

Pengertian USBN Dasar

USBN dasar merupakan ujian yang diberikan kepada siswa SD kelas 6. Ujian ini meliputi tiga mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. USBN dasar bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dasar yang telah dipelajari selama satu tahun ajaran. Dalam USBN dasar, siswa akan diuji dengan soal pilihan ganda dan soal uraian.

Contoh Soal dan Jawaban USBN Dasar

Berikut ini adalah contoh soal dan jawaban USBN dasar:

Pos Terkait:  Ini Bahasa Malaikat Munkar dan Nakir kepada Ahli Kubur

1. Soal Matematika

Sebuah toko buku menjual buku Matematika seharga Rp 50.000,- per buku. Jika seorang pelanggan membeli 3 buku, berapa total biaya yang harus dibayarkan?

Jawaban: Total biaya yang harus dibayarkan adalah 3 x Rp 50.000,- = Rp 150.000,-

2. Soal Bahasa Indonesia

Berikut ini adalah kalimat yang tidak sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar:

a. Saya sedang belajar Matematika di rumah.

b. Dia suka makan nasi goreng.

c. Kamu sudah mengerjakan PR Bahasa Indonesia?

d. Mereka sedang pergi ke toko buku.

Jawaban: Kalimat b. Dia suka makan nasi goreng.

3. Soal IPA

Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar Bumi Dan BulanSource: bing.com

Manakah yang merupakan benda langit?

Jawaban: Bumi dan Bulan merupakan benda langit.

Tips Mengerjakan Soal USBN Dasar

Untuk dapat mengerjakan soal USBN dasar dengan baik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Mempelajari Materi dengan Baik

Sebelum menghadapi USBN dasar, pastikan bahwa Anda telah mempelajari seluruh materi pelajaran dengan baik dan benar. Jangan sampai ada materi yang terlewatkan karena hal tersebut dapat memengaruhi hasil ujian.

2. Membaca Soal dengan Cermat

Sebelum menjawab soal, pastikan bahwa Anda membaca soal dengan cermat dan memahami apa yang diminta dalam soal tersebut. Jangan terburu-buru dalam menjawab soal sehingga membuat Anda salah paham.

Pos Terkait:  Istri Dianggap 'Nusyuz' bila Melakukan Hal Ini

3. Menggunakan Strategi dalam Menjawab Soal

Gunakan strategi yang tepat dalam menjawab soal seperti mengelompokkan soal berdasarkan tingkat kesulitan, menyelesaikan soal yang paling mudah terlebih dahulu, dan sebagainya.

4. Membuat Sketsa atau Gambar

Jika diperlukan, buatlah sketsa atau gambar untuk membantu memahami soal yang diberikan. Hal ini dapat mempermudah dalam menjawab soal yang berkaitan dengan bentuk-bentuk geometris atau gambar.

Kesimpulan

Mempelajari contoh soal dan jawaban USBN dasar dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN dasar. Selain itu, dengan mengikuti tips mengerjakan soal USBN dasar yang baik dan benar, diharapkan siswa dapat meraih nilai yang maksimal pada ujian tersebut.