Umum

Cara Menghindari Makanan dan Minuman Haram

×

Cara Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Share this article

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk memperhatikan apa yang kita makan dan minum. Makanan dan minuman yang halal dan baik untuk dikonsumsi disebut dengan istilah “halalan thayyiban”. Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari mungkin saja mengandung bahan-bahan yang haram.

Apa Itu Makanan dan Minuman Haram?

Makanan dan minuman haram adalah makanan atau minuman yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh umat muslim. Makanan dan minuman haram biasanya mengandung bahan-bahan yang dianggap tidak halal oleh agama Islam. Beberapa contoh bahan-bahan haram yang sering ditemukan dalam makanan dan minuman adalah babi, alkohol, dan daging yang tidak disembelih dengan cara yang benar.

Mengapa Perlu Menghindari Makanan dan Minuman Haram?

Menghindari makanan dan minuman haram adalah salah satu kewajiban bagi umat muslim. Hal ini karena Allah SWT telah memerintahkan kita untuk hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik untuk dikonsumsi. Selain itu, menghindari makanan dan minuman haram juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Pos Terkait:  Fungsi Hadis: Pengertian Bayan dan Nasakh

Cara Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari makanan dan minuman haram:

1. Membaca label produk

Saat membeli produk makanan atau minuman, pastikan untuk membaca label produk dengan teliti. Periksa bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Jika terdapat bahan-bahan yang dianggap haram, sebaiknya jangan membeli produk tersebut.

2. Mencari sertifikasi halal

Produk yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang dapat menjadi jaminan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Pastikan untuk membeli produk yang telah terdaftar dan mendapatkan sertifikasi halal.

3. Tidak membeli produk dari produsen yang tidak jelas

Sebaiknya hindari membeli produk dari produsen yang tidak jelas. Produk-produk dari produsen yang tidak jelas seringkali mengandung bahan-bahan yang tidak halal.

4. Menghindari restoran yang tidak menyediakan makanan halal

Jika Anda ingin makan di restoran, pastikan restoran tersebut menyediakan makanan halal. Hindari restoran yang tidak menyediakan makanan halal, karena kemungkinan besar makanan yang disajikan di restoran tersebut mengandung bahan-bahan yang haram.

5. Menjaga kebersihan dan sanitasi makanan

Menjaga kebersihan dan sanitasi makanan juga sangat penting untuk menghindari makanan dan minuman haram. Pastikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi telah diolah dengan baik dan bersih.

Pos Terkait:  Nabi Idris: Manusia Pilihan Allah Sang Bapak Ilmu Pengetahuan

6. Menghindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol adalah salah satu contoh minuman yang dianggap haram dalam agama Islam. Hindari minuman beralkohol dan pilihlah minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus buah.

Kesimpulan

Menghindari makanan dan minuman haram adalah kewajiban bagi umat muslim. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca label produk, mencari sertifikasi halal, tidak membeli produk dari produsen yang tidak jelas, menghindari restoran yang tidak menyediakan makanan halal, menjaga kebersihan dan sanitasi makanan, serta menghindari minuman beralkohol. Dengan menghindari makanan dan minuman haram, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.