Umum

Bismillah: Arti, Makna, dan Keutamaannya dalam Islam

×

Bismillah: Arti, Makna, dan Keutamaannya dalam Islam

Share this article

Pengenalan

Bismillah adalah kata yang sering terdengar di kalangan umat Muslim ketika hendak melakukan aktivitas apapun. Kata ini sebenarnya adalah singkatan dari kalimat Bismillahi ar-Rahman ar-Rahim yang artinya adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”. Bismillah diucapkan sebagai tanda permulaan sebelum melakukan suatu aktivitas seperti membaca Al-Quran, makan, minum, atau melakukan pekerjaan sehari-hari. Tapi apa sebenarnya arti dan makna dari Bismillah? Dan apa saja keutamaannya dalam Islam? Simak pembahasannya di bawah ini.

Arti dan Makna Bismillah

Bismillah merupakan singkatan dari kalimat Bismillahi ar-Rahman ar-Rahim. Kalimat ini terdapat pada awal surat-surat dalam Al-Quran, kecuali pada surat At-Taubah. Arti dari kalimat ini adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”. Dalam Islam, menyebut nama Allah sebelum melakukan suatu aktivitas merupakan tanda penghormatan dan pengakuan atas kekuasaan Allah SWT sebagai pencipta alam semesta. Selain itu, Bismillah juga dianggap sebagai doa atau permohonan kepada Allah untuk memberikan kelancaran dan kesuksesan dalam aktivitas yang dilakukan.

Keutamaan Bismillah dalam Islam

Sebagai umat Muslim, Bismillah memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang dapat kita rasakan. Berikut adalah beberapa keutamaan Bismillah dalam Islam:

Pos Terkait:  Soal Latihan Agama Islam Materi Puasa

1. Mengingat Allah dalam setiap aktivitas

Dengan menyebut nama Allah sebelum melakukan suatu aktivitas, kita diingatkan bahwa segala sesuatu yang kita lakukan harus selalu dalam keadaan mengingat dan merujuk pada Allah sebagai sumber kekuatan dan keberhasilan.

2. Menjaga kesucian dan keberkahan

Menyebut nama Allah sebelum makan atau minum, dianggap dapat menjaga kesucian dan keberkahan pada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Hal ini juga berlaku pada aktivitas lainnya, seperti membaca Al-Quran atau melakukan pekerjaan sehari-hari.

3. Melindungi dari gangguan setan

Menyebut nama Allah sebelum tidur, dianggap dapat melindungi kita dari gangguan setan atau roh jahat ketika kita sedang tidur atau bermimpi buruk.

4. Meningkatkan keberkahan dalam aktivitas

Menyebut nama Allah sebelum melakukan aktivitas, dianggap dapat meningkatkan keberkahan dan memberikan kelancaran dalam aktivitas yang kita lakukan.

5. Menjaga hubungan dengan Allah

Dengan menyebut nama Allah sebelum melakukan aktivitas, kita diingatkan untuk selalu menjaga hubungan dengan Allah dan mengakui bahwa segala sesuatu yang kita lakukan adalah atas rahmat dan kekuasaan Allah.

Cara Mengucapkan Bismillah dengan Benar

Untuk mengucapkan Bismillah dengan benar, kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

Pos Terkait:  Yang Dibaca Nabi ketika Mendengar Adzan

1. Membaca dengan tartil

Ketika membaca Bismillah, kita perlu membacanya dengan tartil atau pelan-pelan dan jelas agar dapat dipahami oleh orang lain.

2. Membaca dengan niat yang baik

Ketika membaca Bismillah, kita perlu membacanya dengan niat yang baik dan ikhlas agar doa kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

3. Membaca dengan tajwid yang benar

Ketika membaca Bismillah, kita perlu membacanya dengan tajwid yang benar agar membaca Al-Quran menjadi lebih baik dan benar.

Kesimpulan

Bismillah adalah singkatan dari kalimat Bismillahi ar-Rahman ar-Rahim yang artinya adalah “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”. Bismillah diucapkan sebagai tanda permulaan sebelum melakukan suatu aktivitas dan memiliki banyak keutamaan dalam Islam, seperti mengingat Allah dalam setiap aktivitas, menjaga kesucian dan keberkahan, melindungi dari gangguan setan, meningkatkan keberkahan dalam aktivitas, dan menjaga hubungan dengan Allah. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita perlu selalu mengucapkan Bismillah dalam setiap aktivitas yang kita lakukan dengan niat yang baik dan ikhlas, serta mengucapkannya dengan tartil dan tajwid yang benar agar doa kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT.