Umum

Ayat-Ayat Al Quran tentang Bekerja

×

Ayat-Ayat Al Quran tentang Bekerja

Share this article

Bekerja adalah salah satu kewajiban bagi setiap manusia yang harus dilakukan sepanjang hidupnya. Bekerja bukan hanya sebagai sarana mencari nafkah, tetapi juga sebagai salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Dalam Al Quran, terdapat banyak ayat yang mengajarkan kita tentang pentingnya bekerja dan bagaimana seharusnya cara bekerja yang benar. Berikut ini adalah beberapa ayat Al Quran tentang bekerja.

Ayat 2:195

“Dan mereka yang berusaha untuk (mendapatkan) keridhaan Kami, niscaya Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan (yang menuju) kepada Kami. Dan sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang berbuat baik.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa bekerja harus dilakukan dengan tujuan yang benar yaitu untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT. Dengan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mencari keridhaan Allah, maka Allah akan membuka jalan-jalan untuk kita menuju kepada-Nya.

Ayat 2:286

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa) Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Pelindung kami, maka tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk bekerja sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Allah tidak membebani seseorang melampaui kemampuannya. Oleh karena itu, kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh namun tetap dalam batas kemampuan kita.

Ayat 3:26

“Katakanlah: ‘Ya Allah, pemilik kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kerajaan dari siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau muliakan siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.’”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus bekerja dengan tulus dan ikhlas, tidak hanya untuk mencari keuntungan dunia semata, tetapi juga untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Pos Terkait:  Kenali 7 Komponen Utama Tarekat

Ayat 3:195

“Dan sesungguhnya aku mengaruniakan kepadamu harta dan anak cucu sebagai bahan perhiasan hidupmu di dunia. Dan amalan-amalan yang baik yang kamu kerjakan, akan Kami lipat gandakan pahalanya untukmu, dan kamu akan dibalasi dengan sebaik-baik balasan.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa kekayaan dan harta bukanlah tujuan utama dari bekerja. Allah SWT memberikan harta dan kekayaan kepada kita sebagai bahan perhiasan hidup di dunia. Namun, yang lebih penting dari itu adalah amalan-amalan yang baik yang kita kerjakan. Allah akan melipatgandakan pahala dari amalan-amalan baik tersebut dan memberikan balasan yang sebaik-baiknya kepada kita.

Ayat 23:78

“Dan sesungguhnya Kami telah menetapkan bagimu suatu tempat tinggal di bumi, dan Kami telah menetapkan padamu di dalamnya sesuatu yang dapat memelihara hidupmu. Dan (Kami telah memberikan juga) jalan-jalan yang banyak untukmu berjalan di atasnya.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa Allah SWT telah memberikan kita tempat tinggal di bumi yang dapat memelihara hidup kita. Selain itu, Allah juga telah memberikan banyak jalan untuk kita berjalan di atasnya. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memanfaatkan semua kesempatan yang ada untuk bekerja dan berjuang mencari nafkah.

Ayat 28:77

“Dan carilah dengan apa yang diberikan Allah kepadamu negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari kehidupan di dunia dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa selain mencari nafkah di dunia, kita juga harus mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk melakukan amalan-amalan baik dan menghindari segala bentuk kerusakan di bumi.

Ayat 31:18-19

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan angkuh. Dan berjalanlah dengan berjalan yang pantas dan tunduklah sedikit dari segala tinggi hati.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak sombong dan angkuh dalam bekerja. Kita harus tetap rendah hati dan berjalan dengan cara yang pantas. Dengan cara tersebut, kita akan mendapatkan keberkahan Allah SWT dalam bekerja.

Pos Terkait:  Khutbah Jumat: Bersyukur atas Nikmat Lahir dan Batin

Ayat 35:29

“Sesungguhnya orang-orang yang membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, (mereka itu) mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu membaca kitab Allah SWT, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Allah berikan kepada kita. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan keuntungan yang tidak akan merugi baik di dunia maupun di akhirat.

Ayat 39:53

“Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’”

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak berputus asa dalam bekerja. Meskipun kita pernah melakukan kesalahan atau melampaui batas, namun Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa kita. Oleh karena itu, kita harus terus berusaha dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam bekerja.

Ayat 51:19

“Dan di bumi ini terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah yang banyak bagi orang-orang yang beriman.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa di bumi ini terdapat banyak tanda kekuasaan Allah SWT yang dapat kita pelajari dan manfaatkan. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memahami dan memanfaatkan semua tanda-tanda keajaiban Allah SWT dalam bekerja.

Ayat 62:10

“Dan apabila shalat telah selesai, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berusaha mencari karunia Allah SWT setelah melakukan shalat. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam bekerja serta mendapatkan keuntungan yang tidak akan merugi di dunia maupun di akhirat.

Ayat 76:22

“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, akan Kami masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, kekal abadi di dalamnya. Di sana mereka memperoleh pasangan-pasangan yang suci dan Kami masukkan mereka ke dalam naungan yang teduh.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa keberhasilan dalam bekerja tidak hanya terjadi di dunia semata, tetapi juga di akhirat. Jika kita beriman dan mengerjakan amal saleh, maka Allah SWT akan memberikan kebahagiaan yang abadi di surga-Nya.

Pos Terkait:  Benteng Raja Namrud: Saksi Sejarah Sejak Masa Ibrahim Hingga Perang Suriah-Israel

Ayat 90:4-5

“Sesungguhnya Kami menciptakan manusia dalam kesulitan. Apakah dia mengira bahwa tidak ada yang akan menguasainya?”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa hidup di dunia ini bukanlah perkara yang mudah. Kita akan dihadapkan dengan berbagai kesulitan dan tantangan dalam bekerja. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memperbaiki diri dan meminta pertolongan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam bekerja.

Ayat 95:4-5

“Sesungguhnya Kami menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang paling rendah, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh, maka mereka itu memperoleh pahala yang tidak putus-putusnya.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Namun, ketika manusia mulai berbuat dosa dan melanggar perintah Allah, maka manusia akan dijatuhkan ke tempat yang paling rendah. Oleh karena itu, kita harus beriman dan beramal saleh agar mendapatkan keberkahan Allah SWT dalam bekerja.

Ayat 103:1-3

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa manusia akan merugi jika tidak beriman dan beramal saleh. Namun, jika kita beriman, melakukan amal saleh, serta mengajak dan menasehati orang lain untuk mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran, maka kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dalam bekerja.

Ayat 103:4-6

“Sesungguhnya Allah bersama-sama orang-orang yang sabar.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa kesabaran adalah kunci dalam meraih keberhasilan dalam bekerja. Jika kita sabar dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan dalam bekerja, maka Allah SWT akan bersama-sama dengan kita dan memberikan kemudahan serta keberkahan dalam bekerja.

Ayat 107:1-3

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: ‘Berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu (yang mendustakan Allah).’ Sebagian besar dari mereka adalah orang-orang yang musyrik.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak merusak lingkungan dan alam sekitar dalam bekerja. Allah SWT menciptakan alam ini dengan sebaik-baiknya dan kita harus menjaga kelest