Umum

Waktu Terbaik untuk Shalat Tahajud

×

Waktu Terbaik untuk Shalat Tahajud

Share this article

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah shalat isya. Shalat ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kehidupan manusia. Namun, banyak orang yang masih bingung kapan waktu terbaik untuk melaksanakan shalat tahajud. Berikut ini adalah waktu terbaik untuk shalat tahajud:

1. Setelah Shalat Isya

Waktu terbaik untuk shalat tahajud adalah setelah shalat isya. Rasulullah SAW sendiri sering melaksanakan shalat tahajud setelah shalat isya. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Muslim:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengerjakan shalat Isya’ lalu beliau pulang ke rumahnya. Beliau kemudian mengerjakan shalat sunnah dua rakaat. Kemudian beliau tidur, lalu bangun pada malam hari untuk mengerjakan shalat tahajud.” (HR. Muslim)

Jadi, setelah shalat isya adalah waktu yang paling tepat untuk melaksanakan shalat tahajud.

2. Sebelum Shalat Subuh

Waktu terbaik kedua untuk melaksanakan shalat tahajud adalah sebelum shalat subuh. Rasulullah SAW juga sering melaksanakan shalat tahajud pada waktu ini. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari:

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Yang paling utama dari shalat sunnah adalah shalat yang dilakukan di tengah malam.”‘

Waktu di tengah malam ini adalah sebelum shalat subuh. Jadi, jika kamu tidak bisa melaksanakan shalat tahajud setelah shalat isya, kamu bisa melaksanakannya sebelum shalat subuh.

Pos Terkait:  Fun in Arabic: Discovering the Joy of Arabic Culture

3. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu terbaik ketiga untuk melaksanakan shalat tahajud adalah sepertiga malam terakhir. Rasulullah SAW juga sering melaksanakan shalat tahajud pada waktu ini. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Tirmidzi:

“Dari Abu Hurairah, ia berkata, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Waktu shalat tahajud adalah pada malam hari dan waktu terbaik untuk shalat tahajud adalah sepertiga malam terakhir.”‘

Waktu sepertiga malam terakhir ini adalah waktu yang sangat mujarab untuk memohon kepada Allah SWT. Jadi, jika kamu ingin memohon sesuatu kepada Allah SWT, kamu bisa melaksanakan shalat tahajud pada waktu ini.

4. Setelah Bangun Tidur

Waktu terbaik keempat untuk melaksanakan shalat tahajud adalah setelah bangun tidur. Rasulullah SAW sering melaksanakan shalat tahajud setelah bangun tidur dari tidurnya. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari:

“Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengerjakan shalat malam sebelum tidur. Kemudian, ketika beliau bangun untuk shalat subuh, beliau mengerjakan shalat sunnah dua rakaat.”‘

Jadi, jika kamu kesulitan untuk bangun di malam hari untuk melaksanakan shalat tahajud, kamu bisa tidur terlebih dahulu dan bangun pada tengah malam untuk melaksanakan shalat tahajud.

Pos Terkait:  9 Hadits Nabi tentang Tetangga

5. Setelah Membaca Al-Quran

Waktu terbaik kelima untuk melaksanakan shalat tahajud adalah setelah membaca Al-Quran. Rasulullah SAW sering membaca Al-Quran sebelum melaksanakan shalat tahajud. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Muslim:

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya pada malam hari, lalu ia ingin melaksanakan shalat, maka hendaklah ia membaca Al-Quran sebanyak yang mudah baginya.”‘

Jadi, jika kamu ingin melaksanakan shalat tahajud dengan khusyuk, kamu bisa membaca Al-Quran terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat tahajud.

6. Kesimpulan

Shalat tahajud adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ada banyak waktu yang bisa kamu pilih untuk melaksanakan shalat tahajud, namun waktu terbaik adalah setelah shalat isya, sebelum shalat subuh, sepertiga malam terakhir, setelah bangun tidur, dan setelah membaca Al-Quran. Dengan melaksanakan shalat tahajud pada waktu yang tepat, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin melaksanakan shalat tahajud.