Umum

Surah At-Taubah Tanpa Basmalah Alasannya

×

Surah At-Taubah Tanpa Basmalah Alasannya

Share this article

Surah At-Taubah adalah salah satu surah dalam Al-Quran yang sering dibaca oleh umat Muslim. Surah ini termasuk surah Madaniyah yang terdiri dari 129 ayat. Namun, ada yang unik dari Surah At-Taubah, yaitu tidak adanya basmalah di awal surah ini. Basmalah adalah bismillahirrahmanirrahim yang artinya “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”. Lalu, mengapa Surah At-Taubah tidak memiliki basmalah di awalnya?

Alasan Surah At-Taubah Tidak Memiliki Basmalah

Menurut sebagian ulama, Surah At-Taubah tidak memiliki basmalah di awalnya karena surah ini merupakan surah yang diturunkan sebagai peringatan dan perintah untuk berperang melawan musuh-musuh Islam. Oleh karena itu, para ulama menyatakan bahwa Surah At-Taubah tidak dimulai dengan basmalah karena basmalah mengandung makna kasih sayang dan rahmat Allah. Sedangkan dalam Surah At-Taubah, Allah memberikan peringatan dan perintah yang keras kepada umat Islam untuk berperang dan menegakkan agama Allah.

Sebagian ulama juga menyatakan bahwa Surah At-Taubah tidak memiliki basmalah di awalnya karena surah ini merupakan surah penutup dari Al-Quran bagian Madaniyah. Surah At-Taubah diturunkan setelah Surah Al-Anfal yang terdapat basmalah di awalnya. Oleh karena itu, Surah At-Taubah tidak perlu lagi dimulai dengan basmalah karena basmalah sudah disebutkan di awal surah sebelumnya.

Pos Terkait:  Emang Saya Orang Gila Makan di Depan Orang Puasa

Makna Surah At-Taubah

Surah At-Taubah memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam. Surah ini berisi perintah untuk berperang dan menegakkan agama Allah. Surah At-Taubah juga berisi peringatan bagi umat Islam agar senantiasa mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya serta menjauhi perbuatan yang diharamkan oleh Allah.

Surah At-Taubah juga berisi tentang tata cara berperang dalam Islam. Surah ini menjelaskan bahwa umat Islam boleh berperang hanya untuk membela diri dan agama Allah. Surah At-Taubah juga memberikan peringatan kepada umat Islam agar tidak memusuhi orang-orang yang tidak memusuhi mereka dan tidak menyerang orang-orang yang tidak menyerang mereka.

Kesimpulan

Meskipun Surah At-Taubah tidak memiliki basmalah di awalnya, surah ini tetap memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam. Surah ini berisi perintah untuk berperang dan menegakkan agama Allah serta peringatan agar senantiasa mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus senantiasa membaca dan memahami makna dari Surah At-Taubah agar kita dapat mengambil pelajaran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.