Umum

Sebenarnya Waktu Akhir Shalat Isya Jam Berapa?

×

Sebenarnya Waktu Akhir Shalat Isya Jam Berapa?

Share this article

Shalat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim. Salah satu shalat yang wajib dilakukan adalah shalat isya. Namun, seringkali terjadi kebingungan mengenai waktu akhir shalat isya. Maka dari itu, pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai waktu akhir shalat isya.

Waktu Shalat Isya

Waktu shalat isya dimulai setelah terbenamnya matahari dan berakhir hingga terbit fajar. Namun, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai waktu akhir shalat isya. Ada yang berpendapat bahwa waktu akhir shalat isya adalah hingga tengah malam, sedangkan ada juga yang berpendapat bahwa waktu akhir shalat isya adalah hingga waktu subuh.

Pendapat Ulama

Menurut Imam Syafi’i, waktu akhir shalat isya adalah hingga tengah malam. Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Waktu shalat isya adalah hingga setengah malam.'” (HR. Muslim)

Namun, menurut Imam Malik, waktu akhir shalat isya adalah hingga waktu subuh. Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Waktu shalat isya adalah hingga terbit fajar.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pos Terkait:  Ini Wirid yang Dibaca Sebelum Shalat Subuh

Pendapat Mayoritas Ulama

Mayoritas ulama berpendapat bahwa waktu akhir shalat isya adalah hingga tengah malam. Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Waktu shalat isya adalah hingga setengah malam.'” (HR. Muslim)

Hal ini juga dikuatkan oleh pendapat Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Abu Hanifah. Namun, Imam Asy-Syafi’i sendiri mengatakan bahwa jika seseorang khawatir tertidur dan tidak bisa bangun untuk shalat tahajud, maka sebaiknya ia menunaikan shalat isya sebelum tengah malam.

Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat mengenai waktu akhir shalat isya ini terjadi karena adanya perbedaan dalam penafsiran hadis-hadis yang berkaitan dengan waktu shalat isya. Namun, perbedaan pendapat ini tidak mengurangi keutamaan dan kewajiban untuk menunaikan shalat isya.

Sebagai umat muslim, kita harus memperhatikan waktu shalat isya dan menunaikannya dengan penuh khusyuk. Kita juga harus menghormati perbedaan pendapat yang ada di kalangan ulama dan tidak mempersulit orang lain dalam menunaikan ibadah.

Kesimpulan

Waktu akhir shalat isya menjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada yang berpendapat bahwa waktu akhir shalat isya adalah hingga tengah malam, sedangkan ada juga yang berpendapat bahwa waktu akhir shalat isya adalah hingga waktu subuh. Namun, mayoritas ulama berpendapat bahwa waktu akhir shalat isya adalah hingga tengah malam.

Pos Terkait:  Suntik dan Infus Saat Puasa: Perlukah Dilakukan?

Perbedaan pendapat ini tidak mengurangi keutamaan dan kewajiban untuk menunaikan shalat isya. Sebagai umat muslim, kita harus memperhatikan waktu shalat isya dan menunaikannya dengan penuh khusyuk. Kita juga harus menghormati perbedaan pendapat yang ada di kalangan ulama dan tidak mempersulit orang lain dalam menunaikan ibadah.