Umum

Pengertian Sunnah Hammiyah dan Contoh

×

Pengertian Sunnah Hammiyah dan Contoh

Share this article

Sebagai umat Muslim, sunnah Rasulullah merupakan acuan utama dalam menjalankan ibadah sehari-hari. Sunnah merupakan tindakan atau ucapan Nabi Muhammad SAW yang tidak tercantum dalam Al-Quran. Sunnah bisa berupa sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan, atau sunnah ghairu muakkadah, yaitu sunnah yang kurang dianjurkan untuk dilakukan. Salah satu jenis sunnah yang kurang dikenal adalah sunnah hammiyah. Apa itu sunnah hammiyah dan apa contohnya?

Pengertian Sunnah Hammiyah

Sunnah hammiyah adalah tindakan atau ucapan Nabi Muhammad SAW yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Sunnah hammiyah tidak bersifat wajib untuk dilakukan, namun sangat dianjurkan agar umat Muslim dapat mengambil manfaat dan mendapatkan berkah dari tindakan tersebut. Sunnah hammiyah biasanya berhubungan dengan hal-hal yang bersifat sosial, seperti cara berbicara, bergaul dengan sesama, dan memberi salam.

Contoh sunnah hammiyah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah memberi salam kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Kamu tidak akan masuk surga sampai kamu beriman, dan kamu tidak akan beriman sampai kamu saling mencintai. Apakah kalian mau aku tunjukkan suatu amalan yang jika kalian lakukan, maka kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.”

Pos Terkait:  Macam-macam Air Untuk Bersuci Dalam

Sunnah hammiyah lainnya adalah berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan. Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan umatnya untuk berbicara dengan bahasa yang sopan dan tidak kasar. Hal ini dapat dilihat dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, “Sesungguhnya seorang mukmin tidaklah mengumpat, tidaklah berkata kotor, tidaklah berbicara kasar, dan tidaklah memaki orang.”

Contoh Sunnah Hammiyah

Berikut ini adalah beberapa contoh sunnah hammiyah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW:

1. Memberi Salam

Memberi salam adalah salah satu sunnah hammiyah yang sangat dianjurkan. Nabi Muhammad SAW selalu memberi salam kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal. Hal ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan keakraban antara sesama muslim.

2. Berbicara dengan Bahasa yang Baik dan Sopan

Menggunakan bahasa yang baik dan sopan adalah salah satu sunnah hammiyah yang sering diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam berbicara, seorang muslim harus menghindari penggunaan kata-kata yang kasar dan memaki orang lain.

3. Memuji Allah SWT dalam Segala Hal

Nabi Muhammad SAW selalu memuji Allah SWT dalam segala hal yang dilakukannya. Hal ini dapat meningkatkan rasa syukur dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Pos Terkait:  Begini Adab Mendengarkan Al-Quran

4. Berbagi Makanan dengan Orang Lain

Membagikan makanan dengan orang lain adalah salah satu sunnah hammiyah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan antara sesama muslim.

5. Berjalan dengan Santun dan Tidak Terburu-buru

Berjalan dengan santun dan tidak terburu-buru adalah salah satu sunnah hammiyah yang sering diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini dapat meningkatkan rasa kesejukan dan ketenangan dalam hidup kita.

6. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Tubuh

Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan umatnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan mencegah terjadinya penyakit.

Kesimpulan

Secara umum, sunnah hammiyah adalah tindakan atau ucapan Nabi Muhammad SAW yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Sunnah hammiyah tidak bersifat wajib untuk dilakukan, namun sangat dianjurkan agar umat Muslim dapat mengambil manfaat dan mendapatkan berkah dari tindakan tersebut. Beberapa contoh sunnah hammiyah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah memberi salam, berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan, memuji Allah SWT dalam segala hal, berbagi makanan dengan orang lain, berjalan dengan santun dan tidak terburu-buru, serta menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Dengan mengikuti sunnah hammiyah ini, diharapkan kita dapat menjadi muslim yang lebih baik dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Pos Terkait:  Kisah Kanan Anak Nabi Nuh AS Yang Menolak Iman