Pengertian Sunnah Hadits Taqririyah dan Pentingnya dalam Islam

Posted on

Dalam ajaran Islam, Sunnah dan hadits merupakan dua hal penting yang harus dipahami oleh setiap umat Muslim. Salah satu jenis hadits yang sering dibahas adalah hadits Taqririyah. Namun, masih banyak yang belum memahami pengertian dari Sunnah Hadits Taqririyah. Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian Sunnah Hadits Taqririyah dan pentingnya dalam Islam.

Pengertian Sunnah

Sunnah merupakan segala sesuatu yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sunnah meliputi perbuatan, perkataan, dan kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan bagi umat Muslim. Sunnah dijadikan sebagai pedoman hidup bagi umat Muslim agar dapat hidup sesuai dengan tuntunan agama Islam. Sunnah juga menjadi sumber hukum kedua setelah Al-Quran.

Pengertian Hadits

Hadits merupakan kumpulan perkataan, perbuatan, dan kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh para sahabatnya. Hadits juga menjadi sumber hukum bagi umat Muslim setelah Al-Quran dan Sunnah. Hadits memiliki peran penting dalam menjelaskan hukum-hukum Islam yang tidak terdapat dalam Al-Quran.

Pengertian Hadits Taqririyah

Hadits Taqririyah adalah hadits yang menjelaskan tentang diam atau tidaknya Nabi Muhammad SAW terhadap suatu perbuatan atau perkataan sahabatnya. Dalam hadits Taqririyah, Nabi Muhammad SAW tidak memberikan komentar atau perintah terhadap suatu perbuatan/sikap sahabatnya. Hadits Taqririyah juga termasuk dalam hadits mutawatir, yaitu hadits yang diriwayatkan oleh banyak sahabat dengan sanad yang sama.

Pos Terkait:  Pengertian Kerja Keras: Contoh, Hikmah dan Manfaatnya

Contoh Hadits Taqririyah

Contoh hadits Taqririyah adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berpuasa pada bulan Syawal. Namun, Nabi Muhammad SAW juga pernah tidak berpuasa di bulan Syawal. Dalam hadits ini, Nabi Muhammad SAW diam dan tidak memberikan komentar terhadap perbuatan beliau sendiri.

Pentingnya Hadits Taqririyah dalam Islam

Hadits Taqririyah memiliki peran penting dalam menentukan hukum-hukum Islam. Dalam hadits Taqririyah, Nabi Muhammad SAW memberikan contoh dan teladan bagi umat Muslim untuk menjalankan ajaran agama Islam. Hadits Taqririyah juga menjadi sumber hukum bagi para ulama dalam menyusun fatwa-fatwa.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Sunnah dan hadits merupakan dua hal penting dalam ajaran Islam. Hadits Taqririyah adalah salah satu jenis hadits yang menjelaskan tentang diam atau tidaknya Nabi Muhammad SAW terhadap suatu perbuatan atau perkataan sahabatnya. Pentingnya hadits Taqririyah dalam Islam adalah sebagai sumber hukum bagi para ulama dalam menyusun fatwa-fatwa. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai pengertian Sunnah Hadits Taqririyah dan pentingnya dalam Islam.

Pos Terkait:  Contoh Soal Latihan Iman kepada Qada