Umum

Pengertian Hijab dan Macam-Macam Hijab

×

Pengertian Hijab dan Macam-Macam Hijab

Share this article

Hijab adalah salah satu busana yang identik dengan wanita muslim. Namun, apa sebenarnya pengertian hijab dan macam-macam hijab yang ada?

Pengertian Hijab

Hijab berasal dari bahasa Arab yang artinya menutup atau menyembunyikan. Secara umum, hijab adalah penutup kepala dan tubuh yang digunakan oleh wanita muslim untuk menjaga kehormatan dan kesopanan dalam berbusana.

Hijab menjadi kewajiban bagi wanita muslim yang sudah baligh dan sudah mampu dalam hal keuangan. Hal ini tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi:

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal (sebagai orang yang tidak suka bergaul), karena itu dijaga auratnya dengan sebaik-baiknya.”

Macam-Macam Hijab

Ada banyak jenis hijab yang bisa dipilih oleh wanita muslim sesuai dengan kebutuhan dan selera. Berikut adalah beberapa macam hijab yang populer:

1. Hijab Segi Empat

Hijab segi empat merupakan hijab yang paling umum digunakan oleh wanita muslim. Hijab ini berbentuk segi empat dan biasanya terbuat dari bahan katun atau chiffon. Cara memakainya yaitu dengan melipat hijab menjadi segitiga, kemudian diletakkan di atas kepala dan diikat di bawah dagu.

Pos Terkait:  Ketika Rasulullah Menangis Karena Rindu

2. Kerudung

Kerudung adalah jenis hijab yang sangat sederhana dan mudah dipakai. Kerudung biasanya terbuat dari bahan kaos atau kain yang lembut dan ringan. Cara memakainya yaitu dengan menaruh kerudung di atas kepala dan menutupi dada.

3. Jilbab

Jilbab adalah jenis hijab yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Jilbab biasanya terbuat dari bahan yang lebih tebal dan longgar, seperti katun atau jersey.

4. Khimar

Khimar adalah jenis hijab yang menutupi kepala, leher, dan dada. Khimar biasanya terbuat dari bahan yang lebih tebal dan panjang, sehingga bisa menutupi tubuh secara sempurna.

5. Niqab

Niqab adalah jenis hijab yang menutupi seluruh wajah kecuali mata. Niqab biasanya terbuat dari bahan yang tebal dan panjang, sehingga bisa menutupi seluruh wajah dan leher.

6. Burqa

Burqa adalah jenis hijab yang menutupi seluruh tubuh kecuali mata. Burqa biasanya terbuat dari bahan yang tebal dan panjang, sehingga bisa menutupi seluruh tubuh secara sempurna.

Kesimpulan

Hijab adalah penutup kepala dan tubuh yang digunakan oleh wanita muslim untuk menjaga kehormatan dan kesopanan dalam berbusana. Ada banyak jenis hijab yang bisa dipilih oleh wanita muslim sesuai dengan kebutuhan dan selera, seperti hijab segi empat, kerudung, jilbab, khimar, niqab, dan burqa.

Pos Terkait:  Perbedaan Salaf, Salafi, dan Salafiyah