Umum

Pengertian dan Contoh Maqamat dan Al

×

Pengertian dan Contoh Maqamat dan Al

Share this article

Maqamat dan al merupakan dua istilah yang sering digunakan dalam musik Arab. Kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda namun seringkali digunakan secara bersamaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dan contoh maqamat dan al secara lengkap.

Pengertian Maqamat

Maqamat adalah skala musik Arab yang terdiri dari deretan nada-nada yang diatur sesuai dengan urutan tertentu. Setiap maqam memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan dapat menghasilkan perasaan yang berbeda pula ketika dimainkan. Maqamat umumnya digunakan dalam jenis-jenis musik Arab seperti nasyid, musik klasik, dan populer.

Maqamat terdiri dari beberapa komponen seperti:

  • Jins: deretan nada yang diatur dalam tiga bagian
  • Zilzal: pola ritmis yang mengatur tempo dan irama dalam sebuah maqam
  • Mizan: pola ritmis yang mengatur tempo dalam sebuah lagu
  • Maqam: keseluruhan skala yang terdiri dari jins, zilzal, dan mizan

Contoh maqam yang sering digunakan dalam musik Arab adalah:

  • Maqam Bayati: maqam yang terdiri dari lima nada dan memiliki karakteristik melankolis.
  • Maqam Hijaz: maqam yang terdiri dari lima nada dan memiliki karakteristik yang kuat dan heroik.
  • Maqam Kurd: maqam yang terdiri dari enam nada dan memiliki karakteristik yang riang dan gembira.
Pos Terkait:  Hubungan Antara Aqidah, Ibadah dan Akhlak

Pengertian Al

Al adalah sebuah kata depan dalam bahasa Arab yang memiliki arti “dari” atau “dengan”. Dalam konteks musik Arab, al sering digunakan untuk menyatakan jenis maqam yang digunakan dalam sebuah lagu. Misalnya, jika sebuah lagu menggunakan maqam Bayati, maka lagu tersebut dapat disebut dengan “al-Bayati”.

Contoh Maqamat dan Al dalam Lagu Arab

Contoh penerapan maqamat dan al dalam musik Arab dapat ditemukan dalam berbagai lagu klasik dan populer. Salah satu contoh yang populer adalah lagu “Ya Rayah” dari Rachid Taha. Lagu ini menggunakan maqam Hijaz dan sering disebut sebagai “al-Hijazi”.

Lagu “Enta Omri” dari Umm Kulthum juga merupakan contoh penerapan maqamat dan al dalam musik Arab. Lagu ini menggunakan maqam Bayati dan sering disebut sebagai “al-Bayati”.

Kesimpulan

Maqamat dan al adalah dua istilah yang sering digunakan dalam musik Arab. Maqamat merupakan skala musik Arab yang terdiri dari deretan nada-nada yang diatur sesuai dengan urutan tertentu. Sedangkan, al adalah sebuah kata depan dalam bahasa Arab yang digunakan untuk menyatakan jenis maqam yang digunakan dalam sebuah lagu. Contoh penerapan maqamat dan al dapat ditemukan dalam berbagai lagu klasik dan populer.

Pos Terkait:  Pengertian Ilmu Kalam: Ruang Lingkup dan Pentingannya