Erling Haaland: Bintang Muda di Dunia Sepak Bola

Posted on

Erling Haaland adalah nama yang sedang naik daun di dunia sepak bola. Pemain muda asal Norwegia ini mulai mencuri perhatian dunia saat ia bergabung dengan klub Red Bull Salzburg pada musim 2018-2019. Haaland berhasil mencetak 16 gol dalam 14 pertandingan di ajang Liga Champions musim 2019-2020, dan kini dirinya menjadi incaran klub-klub besar Eropa.

Awal Karir dan Keluarga

Erling Haaland lahir pada 21 Juli 2000 di Leeds, Inggris. Ayahnya, Alf-Inge Haaland adalah mantan pemain sepak bola yang pernah membela klub Leeds United dan Manchester City. Sedangkan ibunya, Gry Marita Braut adalah mantan pemain bola tangan.

Haaland mulai bermain sepak bola sejak kecil dan bergabung dengan klub Bryne FK pada usia 5 tahun. Pada 2017, dirinya pindah ke klub Molde FK dan berhasil mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan.

Prestasi di Klub Red Bull Salzburg

Pada awal musim 2019-2020, Haaland bergabung dengan klub Red Bull Salzburg dengan nilai transfer sebesar €8 juta. Pemain muda ini langsung mencuri perhatian dunia dengan mencetak hat-trick pada debutnya di ajang Liga Champions melawan Genk.

Pos Terkait:  Curhat dan Mengadu kepada Allah SWT, Dulu Baru pada Orang Lain

Haaland berhasil mencetak 16 gol dalam 14 pertandingan Liga Champions musim 2019-2020, termasuk 8 gol dalam satu laga saat Red Bull Salzburg mengalahkan klub Belgia, KRC Genk dengan skor 6-2.

Prestasi yang diraih Haaland di klub Red Bull Salzburg juga membuat dirinya menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak hat-trick di ajang Liga Champions pada usia 19 tahun dan 58 hari.

Transfer ke Borussia Dortmund

Pencapaian yang diraih Haaland di klub Red Bull Salzburg membuat dirinya menjadi pemain yang paling diburu klub-klub besar Eropa. Pada Januari 2020, dirinya resmi bergabung dengan klub Borussia Dortmund dengan nilai transfer sebesar €20 juta.

Haaland langsung mencuri perhatian pada debutnya bersama Borussia Dortmund dengan mencetak hat-trick dalam laga melawan FC Augsburg. Dirinya berhasil mencetak 13 gol dalam 15 pertandingan Bundesliga pada musim 2019-2020.

Gaya Bermain dan Kelebihan Erling Haaland

Erling Haaland dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan, kekuatan, dan akurasi dalam mencetak gol. Dirinya juga memiliki kemampuan dalam mengecoh lawan dengan teknik dribble yang baik.

Haaland sering memanfaatkan kecepatannya untuk melepas diri dari pemain belakang lawan dan memberikan umpan-umpan akurat ke rekan setimnya. Dirinya juga dikenal sebagai pemain yang memiliki insting mencetak gol yang tajam dan jarang melewatkan peluang yang ada.

Pos Terkait:  Manfaat dan Keutamaan Menepati Janji

Karir Internasional dengan Timnas Norwegia

Erling Haaland juga membela timnas Norwegia di level junior dan senior. Dirinya berhasil mencetak 9 gol dalam 6 pertandingan di ajang Kualifikasi Euro 2020.

Prestasi yang diraih Haaland di level internasional membuat dirinya menjadi salah satu pemain muda yang paling menjanjikan di dunia sepak bola.

Profil Erling Haaland

Nama lengkap: Erling Braut Haaland
Tempat lahir: Leeds, Inggris
Tanggal lahir: 21 Juli 2000
Tinggi badan: 1,94 meter
Posisi bermain: Penyerang
Klub saat ini: Borussia Dortmund
Timnas: Norwegia

Kesimpulan

Erling Haaland adalah pemain muda yang sangat menjanjikan di dunia sepak bola. Prestasi yang diraihnya di klub Red Bull Salzburg dan Borussia Dortmund membuat dirinya menjadi pemain yang paling diburu klub-klub besar Eropa. Gaya bermain yang cepat, kuat, dan akurat dalam mencetak gol membuat dirinya menjadi salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini.