Umum

Doa Qunut Nazilah: Doa Perlindungan dari Segala Bencana

×

Doa Qunut Nazilah: Doa Perlindungan dari Segala Bencana

Share this article

Doa Qunut Nazilah adalah doa yang sering dibaca saat terjadi bencana alam atau musibah lainnya. Doa ini berfungsi untuk memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari segala macam bencana. Doa ini juga bisa dibaca ketika kita merasa sedang dalam kesulitan atau menghadapi masalah yang sulit diatasi. Doa Qunut Nazilah sangat penting untuk dihafalkan oleh setiap muslim agar dapat membacanya dengan tepat waktu dan benar.

Apa itu Doa Qunut Nazilah?

Doa Qunut Nazilah adalah doa yang berisi permohonan perlindungan dari Allah SWT. Doa ini dibaca ketika terjadi bencana alam atau musibah lainnya yang mengancam keselamatan manusia. Doa ini memiliki kekuatan yang besar karena dibaca dengan penuh keyakinan dan kesungguhan hati. Doa Qunut Nazilah juga bisa dibaca ketika kita menghadapi masalah yang sulit diatasi atau dalam keadaan yang membutuhkan perlindungan dari Allah SWT.

Sejarah Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah memiliki sejarah yang panjang. Doa ini pertama kali dibaca oleh Nabi Muhammad SAW pada saat terjadi bencana alam di Makkah. Saat itu, bencana alam yang terjadi sangat besar sehingga banyak orang yang merasa takut dan khawatir akan keselamatan mereka. Nabi Muhammad SAW kemudian membaca doa Qunut Nazilah untuk memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari segala macam bencana.

Pos Terkait:  Jika Saja Allah Membuka Aib Kita: Sebuah Refleksi Hidup

Cara Membaca Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah sebenarnya tidak sulit untuk dibaca. Namun, kita perlu memperhatikan tata cara dan waktu yang tepat untuk membacanya. Berikut adalah cara membaca doa Qunut Nazilah yang benar:

  • Doa Qunut Nazilah dibaca setelah ruku’ pada rakaat terakhir sholat subuh atau sholat wajib lainnya.
  • Bacaan doa ini dilakukan dengan berdiri setelah ruku’ pada rakaat terakhir sholat subuh atau sholat wajib lainnya.
  • Doa Qunut Nazilah dibaca dengan suara yang jelas dan tegas.
  • Setelah membaca doa ini, kita bisa melanjutkan sholat seperti biasa.

Manfaat Membaca Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut Nazilah memiliki banyak manfaat bagi kita sebagai umat muslim. Berikut adalah beberapa manfaat membaca doa Qunut Nazilah:

  • Memohon perlindungan dari Allah SWT.
  • Menjaga diri dari segala macam bencana dan musibah.
  • Menumbuhkan rasa ketakwaan kepada Allah SWT.
  • Menjaga hati agar tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif.
  • Menjaga keselamatan diri, keluarga, dan seluruh umat manusia.

Contoh Bacaan Doa Qunut Nazilah

Berikut adalah contoh bacaan doa Qunut Nazilah yang bisa kita hafalkan dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari:

“Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nuthni ‘alaikal khairi wa nashkuruka wa la nakfuruka wa nakhla’u wa natruku mai yafjuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘azabaka inna ‘azabaka bil kufari mulhiq.”

Pos Terkait:  Bacaan Bilal pada Shalat Idul Adha

Artinya: “Ya Allah, kami memohon pertolongan dan ampunan-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami bertawakal kepada-Mu, kami memohon kebaikan dari-Mu, kami bersyukur kepada-Mu, kami tidak mengingkari-Mu, kami meninggalkan orang yang berbuat dosa terhadap-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami beribadah, hanya kepada-Mu kami bershalat, hanya kepada-Mu kami bersujud, hanya kepada-Mu kami berlindung dan hanya kepada-Mu kami berharap rahmat-Mu dan takut akan siksaan-Mu. Sesungguhnya siksaan-Mu sangat pedih bagi orang-orang kafir.”

Kesimpulan

Doa Qunut Nazilah adalah doa yang berisi permohonan perlindungan dari Allah SWT. Doa ini dibaca ketika terjadi bencana alam atau musibah lainnya yang mengancam keselamatan manusia. Doa ini memiliki sejarah yang panjang dan kekuatan yang besar karena dibaca dengan penuh keyakinan dan kesungguhan hati. Doa Qunut Nazilah juga bisa dibaca ketika kita menghadapi masalah yang sulit diatasi atau dalam keadaan yang membutuhkan perlindungan dari Allah SWT. Kita perlu memperhatikan tata cara dan waktu yang tepat untuk membacanya agar doa ini dapat terkabul oleh Allah SWT. Sebagai umat muslim, kita perlu hafal dan amalkan doa Qunut Nazilah dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pengabdian dan ketakwaan kepada Allah SWT.