Umum

Dalil Naqli tentang Beriman kepada Hari

×

Dalil Naqli tentang Beriman kepada Hari

Share this article

Beriman kepada hari adalah salah satu rukun iman yang wajib dipercayai oleh setiap orang yang beragama Islam. Hari yang dimaksud adalah hari kiamat, yaitu saat di mana semua manusia akan dihisab atas segala amalan yang telah dilakukan selama hidup di dunia ini.

Dalil Naqli

Dalil Naqli tentang beriman kepada hari terdapat dalam beberapa ayat Al-Quran, di antaranya adalah:

1. Surah Al-Baqarah ayat 3-4: “Yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Dan yang beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan apa yang diturunkan sebelum kamu, dan yakin akan adanya kehidupan akhirat.”

2. Surah Al-Ankabut ayat 20: “Katakanlah: “Nikmat Allah dan rahmat-Nya itu, maka hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itulah yang lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”

3. Surah Al-Ma’arij ayat 26-27: “Sesungguhnya mereka yang kafir dan memalingkan diri dari jalan Allah, Kami akan menambahkan siksaan atas siksaan karena mereka telah melakukan kefasikan yang besar.”

Dalam hadis, dalil Naqli tentang beriman kepada hari terdapat dalam kitab Sahih Bukhari dan Muslim, di antaranya adalah:

Pos Terkait:  Arti Mimpi tentang Minum Obat dan Miras

1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya setiap umatku akan masuk surga kecuali orang yang menolak.” Para sahabat bertanya: “Siapa yang menolak?” Rasulullah menjawab: “Orang yang taat kepadaku akan masuk surga, dan orang yang durhaka padaku telah menolak.”

2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Setiap anak Adam akan dihisab pada hari kiamat atas lima perkara: umurnya untuk apa ia habiskan, ilmunya untuk apa ia amalkan, hartanya dari mana ia dapatkan dan untuk apa ia belanjakan, tubuhnya untuk apa ia gunakan, dan cintanya pada apa dan siapa.”

Arti Beriman kepada Hari

Beriman kepada hari memiliki arti percaya bahwa ada suatu saat di mana manusia akan dihisab atas segala perbuatannya di dunia ini. Hari tersebut adalah hari kiamat yang merupakan hari terakhir dari kehidupan manusia di dunia ini.

Beriman kepada hari juga berarti percaya bahwa setiap manusia akan diberikan balasan atas segala perbuatannya selama hidup di dunia ini. Balasan tersebut bisa berupa surga atau neraka sesuai dengan amalannya.

Manfaat Beriman kepada Hari

Beriman kepada hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia di dunia ini, di antaranya adalah:

Pos Terkait:  Tawassul: Cara Mengakses Kepada Allah SWT

1. Menjadi motivasi untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan segala bentuk keburukan.

2. Membuat manusia lebih berhati-hati dalam melakukan segala bentuk perbuatan, karena tahu bahwa setiap amalan akan dihisab pada hari kiamat.

3. Membuat manusia lebih bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, karena tahu bahwa nikmat tersebut akan menjadi bekal di akhirat nanti.

Kesimpulan

Beriman kepada hari merupakan salah satu rukun iman yang wajib dipercayai oleh setiap orang yang beragama Islam. Dalil Naqli tentang beriman kepada hari terdapat dalam beberapa ayat Al-Quran dan hadis. Beriman kepada hari memiliki arti percaya bahwa ada suatu saat di mana manusia akan dihisab atas segala perbuatannya di dunia ini. Beriman kepada hari juga memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia di dunia ini, karena dapat menjadi motivasi untuk berbuat kebaikan, membuat manusia lebih berhati-hati dalam melakukan segala bentuk perbuatan, dan membuat manusia lebih bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita senantiasa menguatkan iman kita kepada Allah SWT dan beriman kepada hari kiamat.