Umum

Cara Shalat Taubat: Mendekatkan Diri Kepada Allah

×

Cara Shalat Taubat: Mendekatkan Diri Kepada Allah

Share this article

Shalat taubat adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ibadah ini dilakukan untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam menjalankan shalat taubat. Nah, berikut ini adalah cara shalat taubat yang bisa kamu lakukan:

1. Niat yang Ikhlas

Sebelum melakukan shalat taubat, tentunya kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Yang pertama adalah memastikan bahwa niatmu hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jangan sampai kamu melakukan shalat taubat hanya karena ingin dipuji orang atau karena motif lain yang tidak baik.

2. Shalat Sunnah Tahajud

Salah satu syarat untuk melakukan shalat taubat adalah harus dilakukan setelah shalat sunnah tahajud. Shalat tahajud dilakukan pada malam hari, minimal dua rakaat, dan setiap rakaatnya diakhiri dengan salam. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan shalat taubat.

3. Wudhu Yang Benar

Sebelum melakukan shalat taubat, pastikan kamu sudah melakukan wudhu yang benar dan sempurna. Mulai dari membasuh wajah, kedua tangan, mengusap kepala, hingga membasuh kaki. Dalam wudhu ini juga harus dilakukan dengan hati yang bersih dan tulus.

4. Bertaubat Dalam Hati

Saat melakukan shalat taubat, kamu harus benar-benar bertobat dalam hati. Merenungi segala dosa yang telah dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Dalam sujud, kamu bisa memohon ampunan dan meminta pertolongan dari Allah SWT.

Pos Terkait:  Beberapa Pendapat Soal Tempat Makam Nabi Adam

5. Membaca Surah Al-Fatihah dan Surah Al-Ikhlas

Setelah melakukan rukun shalat, kamu harus membaca surah Al-Fatihah dan Al-Ikhlas. Surah Al-Fatihah adalah surah pembuka dalam Al-Quran yang berisi tentang pengakuan kebesaran Allah SWT. Sementara itu, surah Al-Ikhlas berisi tentang keesaan Allah SWT.

6. Membaca Istighfar

Istighfar adalah doa memohon ampun kepada Allah SWT. Selama shalat taubat, kamu harus membaca istighfar sebanyak-banyaknya. Tujuannya adalah untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

7. Memperbanyak Dzikir dan Doa

Setelah membaca surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan istighfar, kamu bisa memperbanyak dzikir dan doa. Dzikir dan doa ini bisa membantu kamu merenungi kebesaran Allah SWT dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan.

8. Tawakal Kepada Allah SWT

Setelah melakukan shalat taubat, kamu harus tawakal kepada Allah SWT. Artinya, kamu harus pasrah dan mengikhlaskan segala urusan kepada-Nya. Tawakal ini juga bisa membantu kamu merasa tenang dan damai dalam menjalani hidup ini.

9. Melakukan Shalat Sunnah Witir

Setelah melakukan shalat taubat, kamu bisa melanjutkan dengan shalat sunnah witir. Shalat witir dilakukan setelah shalat isya dan minimal dilakukan tiga rakaat. Shalat witir juga bisa membantu kamu mendapatkan keberkahan dan melindungi diri dari segala keburukan.

10. Mengulanginya Secara Rutin

Shalat taubat bukan hanya dilakukan sekali saja, tapi harus dilakukan secara rutin. Kamu bisa melakukannya setiap hari atau minimal seminggu sekali. Dengan melakukan shalat taubat secara rutin, kamu bisa mendapatkan keberkahan dan memperbaiki diri dari segala dosa yang telah dilakukan.

11. Menjaga Diri Dari Dosa

Setelah melakukan shalat taubat, kamu harus berusaha menjaga diri dari segala dosa yang bisa membuatmu jauh dari Allah SWT. Salah satu cara untuk menjaga diri dari dosa adalah dengan memperbanyak ibadah dan memperkuat iman.

12. Berlaku Baik Kepada Sesama

Sebagai seorang muslim, kamu juga harus berlaku baik kepada sesama. Jangan melakukan dosa yang bisa merugikan orang lain. Berlaku baik juga bisa membantu kamu mendapatkan keberkahan dan memperbaiki diri dari segala dosa yang telah dilakukan.

13. Menghindari Hal-Hal Yang Dilarang Allah SWT

Selain menjaga diri dari dosa, kamu juga harus menghindari segala hal yang dilarang oleh Allah SWT. Misalnya, tidak membicarakan orang lain, tidak berbohong, dan tidak melakukan perbuatan yang merugikan orang lain.

Pos Terkait:  Asal-usul Istilah Tasawuf

14. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Kamu bisa memperbanyak membaca Al-Quran untuk mendapatkan keberkahan dan memperbaiki diri dari segala dosa yang telah dilakukan.

15. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Sebagai seorang muslim, kamu juga harus mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Sunnah Rasulullah SAW adalah tuntunan hidup yang bisa membantu kamu mendapatkan keberkahan dan memperbaiki diri dari segala dosa yang telah dilakukan.

16. Berdakwah Kepada Orang Lain

Sebagai seorang muslim, kamu juga harus berdakwah kepada orang lain. Berdakwah bisa dilakukan dengan cara memberikan contoh yang baik atau dengan cara memberikan nasihat kepada orang lain.

17. Berdoa Kepada Allah SWT

Doa adalah senjata seorang muslim. Kamu bisa berdoa kepada Allah SWT untuk memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan. Dalam berdoa, kamu harus tulus dan mengikhlaskan segala urusan kepada-Nya.

18. Menjaga Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu adalah kewajiban seorang muslim. Dengan menjaga shalat lima waktu, kamu bisa mendapatkan keberkahan dan memperbaiki diri dari segala dosa yang telah dilakukan.

19. Menjaga Puasa

Puasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Dengan menjaga puasa, kamu bisa mendapatkan keberkahan dan memperbaiki diri dari segala dosa yang telah dilakukan.

20. Menjaga Zakat

Zakat adalah kewajiban seorang muslim. Dengan menjaga zakat, kamu bisa mendapatkan keberkahan dan memperbaiki diri dari segala dosa yang telah dilakukan.

21. Menjaga Hati dan Pikiran

Hati dan pikiran adalah bagian yang sangat penting dalam diri seorang muslim. Kamu harus menjaga hati dan pikiran agar selalu bersih dan tidak terkontaminasi dengan segala hal yang negatif.

22. Menjaga Lisan

Lisan adalah bagian yang sangat sensitif dalam diri seorang muslim. Kamu harus menjaga lisan agar tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak baik atau merugikan orang lain.

23. Menjaga Perilaku

Perilaku adalah cerminan dari diri seorang muslim. Kamu harus menjaga perilaku agar selalu baik dan tidak merugikan orang lain.

24. Menjaga Diri Dari Dosa Besar

Dosa besar adalah dosa yang sangat dilarang oleh Allah SWT. Kamu harus menjaga diri dari dosa besar agar tidak membuatmu jauh dari Allah SWT.

Pos Terkait:  Pengertian Ilmu Tasawuf Syariat Tariqat

25. Menjaga Diri Dari Dosa Kecil

Dosa kecil adalah dosa yang sering dilakukan oleh manusia tanpa disadari. Kamu harus menjaga diri dari dosa kecil agar tidak membuatmu jauh dari Allah SWT.

26. Berusaha Selalu Berbuat Baik

Berusaha selalu berbuat baik adalah tuntutan dalam Islam. Kamu harus berusaha selalu berbuat baik agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

27. Berusaha Selalu Meningkatkan Iman

Iman adalah pondasi dalam hidup seorang muslim. Kamu harus berusaha selalu meningkatkan iman agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

28. Berusaha Selalu Bersyukur

Bersyukur adalah tuntutan dalam Islam. Kamu harus berusaha selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

29. Berusaha Selalu Menjaga Silaturahmi

Silaturahmi adalah tuntutan dalam Islam. Kamu harus berusaha selalu menjaga silaturahmi agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

30. Menjaga Diri Dari Hal-Hal Yang Haram

Hal-hal yang haram adalah hal yang sangat dilarang oleh Allah SWT. Kamu harus menjaga diri dari hal-hal yang haram agar tidak membuatmu jauh dari Allah SWT.

Kesimpulan

Shalat taubat adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ibadah ini dilakukan untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Cara shalat taubat yang benar adalah dengan niat yang ikhlas, shalat sunnah tahajud, wudhu yang benar, bertaubat dalam hati, membaca surah Al-Fatihah dan Al-Ikhlas, membaca istighfar, memperbanyak dzikir dan doa, tawakal kepada Allah SWT, melakukan shalat sunnah witir, dan mengulanginya secara rutin. Selain itu, kamu juga harus menjaga diri dari dosa, berlaku baik kepada sesama, menghindari hal-hal yang dilarang Allah SWT, memperbanyak membaca Al-Quran, mengikuti sunnah Rasulullah SAW, berdakwah kepada orang lain, berdoa kepada Allah SWT, menjaga shalat lima waktu, menjaga puasa, menjaga zakat, menjaga hati dan pikiran, menjaga lisan, menjaga perilaku, menjaga diri dari dosa besar, menjaga diri dari dosa kecil, berusaha selalu berbuat baik, berusaha selalu meningkatkan iman, berusaha selalu bersyukur, menjaga silaturahmi, dan menjaga diri dari hal-hal yang haram. Dengan melakukan semua itu, kamu bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dalam hidupmu.