Umum

Ayat-Ayat Al Quran Tentang Menjaga

×

Ayat-Ayat Al Quran Tentang Menjaga

Share this article

Menjaga adalah satu dari sekian banyak amalan yang disebutkan dalam Al Quran. Menjaga artinya memelihara, merawat, dan menjaga agar sesuatu tetap baik dan terjaga. Dalam Al Quran, Allah SWT menyeru umat manusia untuk selalu menjaga agar mereka selalu berada pada jalan yang benar. Berikut ini adalah beberapa ayat-ayat Al Quran tentang menjaga:

1. Menjaga Iman

Iman adalah hal yang sangat penting bagi setiap muslim. Allah SWT menegaskan pentingnya menjaga iman dalam surat Al Baqarah ayat 197 yang berbunyi,

“Dan janganlah kamu membuang dirimu ke dalam kebinasaan dengan tanganmu sendiri, dan berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar umat muslim menjaga imannya dan tidak membuangnya dengan tangan mereka sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga iman adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

2. Menjaga Sholat

Sholat adalah rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga sholat dalam surat Al Baqarah ayat 238 yang berbunyi,

“Jagalah shalatmu dan (jangan) terlena olehnya. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsumu, karena nafsu itu sesungguhnya selalu menyesatkan.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga sholat dan tidak terlena olehnya. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga sholat adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

3. Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga kepercayaan dalam surat Al Anfal ayat 27 yang berbunyi,

Pos Terkait:  Beda Amil dan Panitia Zakat Berdasar Hasil Munas NU 2017

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahuinya.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga kepercayaan dan amanat yang dipercayakan kepadanya. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga kepercayaan adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

4. Menjaga Keturunan

Keturunan adalah anugerah dari Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga keturunan dalam surat Al Isra ayat 31 yang berbunyi,

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kami akan memberi rizki kepada mereka dan kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga dan merawat keturunannya. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga keturunan adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

5. Menjaga Lingkungan

Lingkungan adalah anugerah dari Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga lingkungan dalam surat Al An’am ayat 163 yang berbunyi,

“Dan tidaklah Kami menghancurkan suatu negeri itu kecuali ada orang-orang yang berbuat zalim di dalamnya.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga lingkungan dan tidak berbuat zalim di dalamnya. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga lingkungan adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

6. Menjaga Keselamatan

Keselamatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga keselamatan dalam surat Al Baqarah ayat 195 yang berbunyi,

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan hartamu dengan cara yang sia-sia, dan janganlah kamu menyerahkan dirimu kepada kebinasaan. Dan berbuatlah kebajikan, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Pos Terkait:  9 Adab Orang Bersedekah Menurut Imam al-Ghazali

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga keselamatannya dan tidak menghambur-hamburkan hartanya dengan cara yang sia-sia. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga keselamatan adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

7. Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah anugerah dari Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga kesehatan dalam surat Al Baqarah ayat 195 yang berbunyi,

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan hartamu dengan cara yang sia-sia, dan janganlah kamu menyerahkan dirimu kepada kebinasaan. Dan berbuatlah kebajikan, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga kesehatannya dan tidak menghambur-hamburkan hartanya dengan cara yang sia-sia. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga kesehatan adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

8. Menjaga Persatuan

Persatuan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga persatuan dalam surat Ali Imran ayat 103 yang berbunyi,

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga oleh nikmat Allah itu kamu menjadi bersaudara. Dan kamu sudah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga persatuan dan tidak bercerai-berai. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga persatuan adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

9. Menjaga Keluarga

Keluarga adalah anugerah dari Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat. Allah SWT menekankan pentingnya menjaga keluarga dalam surat An Nisa ayat 1 yang berbunyi,

Pos Terkait:  Manfaat dan Keutamaan Wudhu Sebelum Ibadah

“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga keluarganya dan memperhatikan hubungan silaturahmi. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga keluarga adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

10. Menjaga Amal

Amal adalah hal yang sangat penting bagi setiap muslim. Allah SWT menegaskan pentingnya menjaga amal dalam surat Al Baqarah ayat 277 yang berbunyi,

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, niscaya tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Dalam ayat ini, Allah SWT menekankan agar setiap muslim menjaga amalnya dan melakukan kebajikan. Hal ini menunjukkan bahwa menjaga amal adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

Kesimpulan

Menjaga adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dalam Al Quran, Allah SWT menyeru umat manusia untuk selalu menjaga agar mereka selalu berada pada jalan yang benar. Beberapa ayat-ayat Al Quran yang berkaitan dengan menjaga antara lain menjaga iman, menjaga sholat, menjaga kepercayaan, menjaga keturunan, menjaga lingkungan, menjaga keselamatan, menjaga kesehatan, menjaga persatuan, menjaga keluarga, dan menjaga amal. Dengan menjaga semua hal tersebut, diharapkan umat muslim dapat hidup dengan lebih baik dan bermanfaat bagi sesama.