Umum

Yang Membatalkan Puasa: Hal-hal yang Perlu Diketahui

×

Yang Membatalkan Puasa: Hal-hal yang Perlu Diketahui

Share this article

Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Dalam menjalankan puasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar puasa tidak menjadi batal. Namun, terkadang banyak orang yang tidak mengetahui apa saja yang membatalkan puasa. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui tentang yang membatalkan puasa.

Makan dan Minum

Hal pertama yang membatalkan puasa adalah makan dan minum. Ini merupakan hal yang paling umum diketahui oleh masyarakat. Saat seseorang makan atau minum dengan sengaja, maka puasanya menjadi batal.

Menelan Sesuatu yang Tidak Disengaja

Selain makan dan minum dengan sengaja, menelan sesuatu yang tidak disengaja juga dapat membatalkan puasa. Misalnya, saat berwudhu dan tanpa sengaja menelan air, maka puasa menjadi batal.

Muntah

Muntah juga dapat membatalkan puasa. Apabila seseorang muntah dengan sengaja atau tidak sengaja lebih dari satu kali, maka puasanya menjadi batal. Namun, jika hanya sekali muntah dan tidak disengaja, maka puasa tetap sah.

Pos Terkait:  Patuhi Perintah Suami atau Orangtua: Mengapa Penting?

Haid

Haid merupakan kondisi alami pada wanita yang terjadi setiap bulan. Saat mengalami haid, maka puasa menjadi batal. Namun, puasa dapat diganti setelah haid selesai.

Nifas

Nifas adalah kondisi yang dialami oleh wanita setelah melahirkan. Saat mengalami nifas, maka puasa menjadi batal. Namun, puasa dapat diganti setelah nifas selesai.

Hubungan Intim

Hubungan intim pada siang hari saat berpuasa juga dapat membatalkan puasa. Hal ini termasuk dalam dosa besar yang harus dihindari oleh umat Muslim.

Masuknya Sesuatu ke dalam Tubuh Melalui Jalan Lain

Selain makan dan minum, masuknya sesuatu ke dalam tubuh melalui jalan lain juga dapat membatalkan puasa. Misalnya, jika seseorang menggunakan obat-obatan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui anus, maka puasa menjadi batal.

Darah yang Keluar dalam Jumlah Banyak

Jika seseorang mengalami pendarahan dalam jumlah banyak, maka puasa menjadi batal. Contohnya, jika seseorang mengalami pendarahan karena luka atau operasi, maka puasa menjadi batal.

Bunuh Diri

Bunuh diri juga dapat membatalkan puasa. Hal ini termasuk dalam dosa besar yang harus dihindari oleh umat Muslim.

Mengeluarkan Sperma dengan Sengaja

Mengeluarkan sperma dengan sengaja saat berpuasa juga dapat membatalkan puasa. Hal ini termasuk dalam dosa besar yang harus dihindari oleh umat Muslim.

Pos Terkait:  Hukum Menonton Video Dewasa saat Ibadah Puasa

Kesimpulan

Demikianlah beberapa hal yang membatalkan puasa yang perlu diketahui oleh umat Muslim. Dalam menjalankan puasa, perlu diingat bahwa puasa merupakan ibadah yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh ketulusan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.