Umum

Suami Tidak Mau Menggauli Istri Bagaimana Hukumnya?

×

Suami Tidak Mau Menggauli Istri Bagaimana Hukumnya?

Share this article

Sebagai seorang wanita yang sudah menikah, tentunya Anda memiliki hak-hak yang harus dipenuhi oleh suami. Salah satu hak Anda sebagai istri adalah mendapatkan kebutuhan seksual dari suami. Namun, masalah dapat timbul ketika suami tidak mau menggauli istri. Apakah ini memang diperbolehkan dalam Islam? Berikut penjelasannya.

Apa yang Dimaksud dengan Tidak Mau Menggauli Istri?

Sebelum membahas lebih jauh tentang hukumnya, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tidak mau menggauli istri. Tidak mau menggauli istri dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti stres, depresi, atau masalah kesehatan. Namun, jika suami tidak mau menggauli istri tanpa alasan yang jelas dan terus-menerus, maka hal ini bisa menjadi masalah serius dalam rumah tangga.

Hukumnya dalam Islam

Menurut ajaran Islam, suami memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan seksual istri. Hal ini tertulis dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 223:

“Wanita-wanita adalah ladangmu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan bagaimana saja kamu kehendaki.”

Ayat ini menunjukkan bahwa suami diperbolehkan untuk melakukan hubungan seksual dengan istri kapan saja dan bagaimana saja yang ia inginkan, selama tidak ada halangan yang menghalangi.

Pos Terkait:  Amalan pada Jumat Terakhir Bulan Rajab

Namun, dalam Islam juga ditegaskan bahwa hubungan seksual harus dilakukan dengan cara yang baik dan sopan. Suami harus memperlakukan istri dengan lembut dan penuh kasih sayang. Hal ini tertulis dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa ketenangan dan ketentraman hati dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang dan belas kasihan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berpikir.”

Penyelesaian Masalah

Jika suami tidak mau menggauli istri, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah berbicara dengan suami secara baik-baik. Tanyakan alasan mengapa suami tidak mau melakukan hubungan seksual dan dengarkan dengan sabar. Jika masalahnya terkait dengan kesehatan, maka segera bawa suami ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jika suami tidak mau menggauli istri tanpa alasan yang jelas, maka dibutuhkan pendekatan yang berbeda. Cobalah untuk memahami perasaannya dan cari solusi bersama. Bisa jadi suami mengalami stres atau masalah emosional lainnya yang membuatnya tidak bisa melakukan hubungan seksual dengan istri.

Jangan sampai masalah ini dibiarkan berlarut-larut karena dapat berdampak serius pada keharmonisan rumah tangga. Jika perlu, konsultasikan masalah ini dengan ahli terapi atau konselor pernikahan untuk menemukan solusi yang tepat.

Pos Terkait:  Belajar dari Perdebatan Imam Syafi'i dan Sufyan Ats-Tsauri

Kesimpulan

Dalam Islam, suami memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan seksual istri. Namun, jika suami tidak mau menggauli istri, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah berbicara dengan suami secara baik-baik. Jangan sampai masalah ini dibiarkan berlarut-larut karena dapat berdampak serius pada keharmonisan rumah tangga. Jika perlu, konsultasikan masalah ini dengan ahli terapi atau konselor pernikahan untuk menemukan solusi yang tepat.