Umum

Pengertian Qishash: Macam-macam Hukum

×

Pengertian Qishash: Macam-macam Hukum

Share this article

Qishash merupakan salah satu bentuk hukuman dalam agama Islam yang digunakan untuk menghukum pelaku kejahatan yang merugikan orang lain. Dalam hukum Islam, qishash memiliki beberapa macam aturan dan hukum yang harus dipatuhi. Berikut adalah pengertian qishash dan macam-macam hukumnya:

Pengertian Qishash

Qishash merupakan sebuah hukuman yang diberikan kepada pelaku kejahatan yang merugikan orang lain. Hukuman ini diberikan sebagai bentuk balas dendam atas perbuatan pelaku kejahatan yang telah merugikan orang lain. Di dalam agama Islam, hukuman qishash diatur dalam Al-Quran dan Hadist sebagai salah satu bentuk hukuman yang diizinkan.

Macam-macam Hukum Qishash

Di dalam hukum Islam, qishash memiliki beberapa macam aturan dan hukum yang harus dipatuhi. Berikut adalah beberapa macam hukum qishash:

Qishash untuk Pembunuhan

Hukum qishash untuk pembunuhan sangatlah tegas. Pelaku pembunuhan harus dihukum dengan qishash, yaitu dengan cara membunuh pelaku yang telah membunuh orang lain. Hukuman ini diberikan agar pelaku kejahatan dapat merasakan betapa sakitnya ketika dirinya kehilangan nyawa seperti korban yang telah ia bunuh.

Pos Terkait:  Minta Cerai Karena Masalah Ekonomi Bagaimana?

Qishash untuk Pemerkosaan

Hukum qishash untuk pemerkosaan juga sangat tegas. Pelaku pemerkosaan harus dihukum dengan qishash, yaitu dengan cara membunuh pelaku yang telah melakukan pemerkosaan. Hukuman ini diberikan agar pelaku kejahatan dapat merasakan betapa sakitnya ketika dirinya kehilangan nyawa seperti korban yang telah ia perkosa.

Qishash untuk Pencurian dengan Kekerasan

Hukum qishash untuk pencurian dengan kekerasan juga tegas. Pelaku pencurian dengan kekerasan harus dihukum dengan qishash, yaitu dengan cara membunuh pelaku pencurian. Hukuman ini diberikan agar pelaku kejahatan dapat merasakan betapa sakitnya ketika dirinya kehilangan nyawa seperti korban yang telah ia curi dengan kekerasan.

Qishash untuk Pencurian Tanpa Kekerasan

Hukum qishash untuk pencurian tanpa kekerasan juga ada. Namun, hukuman qishash untuk pencurian tanpa kekerasan ini tidak seberat hukuman qishash untuk pencurian dengan kekerasan. Pelaku pencurian tanpa kekerasan hanya dihukum dengan membayar denda atau mengembalikan barang yang dicuri.

Qishash untuk Kesusahan dan Kekerasan Terhadap Hewan

Hukum qishash juga diberikan untuk pelaku kejahatan yang menyiksa hewan atau membuat hewan kesakitan. Pelaku kejahatan seperti ini dihukum dengan qishash, yaitu dengan cara membunuh pelaku kejahatan. Hukuman ini diberikan agar pelaku kejahatan dapat merasakan betapa sakitnya ketika dirinya kehilangan nyawa seperti hewan yang telah ia siksa atau kesakitan.

Pos Terkait:  Pengertian Syafaat Permohonan Kebaikan: Membahas Makna dan Manfaatnya

Penutup

Itulah beberapa macam hukum qishash yang harus dipatuhi dalam agama Islam. Semua hukuman qishash tersebut diberikan untuk menghukum pelaku kejahatan yang merugikan orang lain. Namun, sebelum memberikan hukuman qishash, harus dipastikan bahwa pelaku kejahatan benar-benar bersalah dan bukti yang cukup telah diperoleh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai pengertian qishash dan macam-macam hukumnya.