Umum

Pengertian Amar Perintah Bentuk Lafadh

×

Pengertian Amar Perintah Bentuk Lafadh

Share this article

Amar perintah bentuk lafadh adalah salah satu bentuk tata bahasa Arab yang digunakan untuk memberikan instruksi atau perintah secara langsung. Dalam bahasa Indonesia, amar perintah bentuk lafadh dapat diterjemahkan sebagai bentuk perintah kata-kata.

Amar perintah bentuk lafadh dapat ditemukan dalam Al-Quran dan hadits. Bentuk lafadh yang digunakan dalam amar perintah ini adalah kata kerja, yang kemudian diikuti oleh objek atau subjek yang diinginkan. Contohnya adalah “qul” yang berarti “katakan” dan “aqim” yang berarti “laksanakan”.

Contoh Amar Perintah Bentuk Lafadh dalam Al-Quran

Amar perintah bentuk lafadh dapat ditemukan dalam banyak ayat Al-Quran. Berikut adalah beberapa contoh ayat yang menggunakan amar perintah bentuk lafadh:

  • “Ya ayyuha alladhina amanu qul la tartaqulu…” (Al-Hujurat: 12)
  • “Wa aqimu al-salata wa atu al-zakata wa aqridu al-nasa…” (Al-Baqarah: 43)
  • “Wa qul lilmu’minina yaghuddu min absarihim…” (An-Nur: 30)

Dalam ayat-ayat di atas, kata kerja “qul” dan “aqimu” digunakan sebagai bentuk amar perintah. Kata-kata yang mengikuti kata kerja tersebut kemudian dijadikan objek atau subjek dari perintah tersebut.

Pos Terkait:  Pengertian Hadits dan Macam-macam Hadits

Penggunaan Amar Perintah Bentuk Lafadh dalam Kehidupan Sehari-hari

Amar perintah bentuk lafadh juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam situasi yang membutuhkan instruksi atau perintah langsung. Contohnya adalah saat kita memberikan perintah kepada anak-anak atau saat kita memberikan instruksi kepada bawahan di tempat kerja.

Dalam situasi seperti ini, penggunaan amar perintah bentuk lafadh dapat membantu kita memberikan instruksi atau perintah dengan jelas dan tegas. Dengan menggunakan bentuk lafadh yang tepat, kita dapat memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pihak yang menerima perintah tersebut.

Kesimpulan

Amar perintah bentuk lafadh adalah salah satu bentuk tata bahasa Arab yang digunakan untuk memberikan instruksi atau perintah secara langsung. Dalam amar perintah bentuk lafadh, kata kerja digunakan sebagai bentuk perintah, yang kemudian diikuti oleh objek atau subjek yang diinginkan.

Amar perintah bentuk lafadh dapat ditemukan dalam Al-Quran dan hadits, serta dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk memberikan instruksi atau perintah dengan jelas dan tegas.