Umum

Isi Pokok Kandungan Al-Quran

×

Isi Pokok Kandungan Al-Quran

Share this article

Al-Quran adalah kitab suci bagi umat Islam yang berisi ajaran-ajaran agama. Kitab suci ini menjadi pedoman hidup bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Isi pokok kandungan Al-Quran sangatlah luas dan kompleks. Berikut ini adalah penjelasan mengenai isi pokok kandungan Al-Quran:

1. Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah merupakan surat pembuka Al-Quran. Surat ini terdiri dari 7 ayat yang menjadi doa pembuka dalam shalat. Surat Al-Fatihah juga memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Islam.

2. Al-Baqarah

Surat Al-Baqarah adalah surat ke-2 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 286 ayat. Surat Al-Baqarah memuat banyak hukum dan aturan yang harus diikuti oleh umat Islam. Surat ini juga memuat kisah-kisah nabi dan rasul serta peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam.

3. Ali Imran

Surat Ali Imran adalah surat ke-3 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 200 ayat. Surat Ali Imran memuat banyak cerita tentang keluarga nabi Muhammad SAW, seperti kisah kelahiran Maryam dan Isa AS.

4. An-Nisa

Surat An-Nisa adalah surat ke-4 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 176 ayat. Surat An-Nisa memuat banyak hukum dan aturan yang harus diikuti oleh umat Islam. Surat ini juga memuat kisah-kisah tentang pernikahan dan keluarga.

5. Al-Maidah

Surat Al-Maidah adalah surat ke-5 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 120 ayat. Surat Al-Maidah memuat banyak hukum dan aturan tentang makanan dan minuman halal serta haram. Surat ini juga memuat kisah-kisah tentang peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Pos Terkait:  Arti Jika Menyingkat Salam di HP

6. Al-An’am

Surat Al-An’am adalah surat ke-6 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 165 ayat. Surat Al-An’am memuat banyak hukum dan aturan yang harus diikuti oleh umat Islam. Surat ini juga memuat kisah-kisah tentang nabi-nabi terdahulu.

7. Al-A’raf

Surat Al-A’raf adalah surat ke-7 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 206 ayat. Surat Al-A’raf memuat banyak kisah tentang peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah manusia, seperti kisah Nabi Nuh AS dan kisah Fir’aun.

8. Al-Anfal

Surat Al-Anfal adalah surat ke-8 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 75 ayat. Surat Al-Anfal memuat banyak hukum dan aturan tentang perang dan jihad.

9. At-Taubah

Surat At-Taubah adalah surat ke-9 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 129 ayat. Surat At-Taubah memuat banyak hukum dan aturan tentang perang dan jihad. Surat ini juga memuat kisah-kisah tentang peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam.

10. Yunus

Surat Yunus adalah surat ke-10 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 109 ayat. Surat Yunus memuat banyak kisah tentang nabi-nabi terdahulu, seperti kisah Nabi Yunus AS.

11. Hud

Surat Hud adalah surat ke-11 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 123 ayat. Surat Hud memuat banyak kisah tentang nabi-nabi terdahulu, seperti kisah Nabi Hud AS.

12. Yusuf

Surat Yusuf adalah surat ke-12 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 111 ayat. Surat Yusuf memuat kisah tentang Nabi Yusuf AS yang menjadi teladan bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

13. Ar-Ra’d

Surat Ar-Ra’d adalah surat ke-13 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 43 ayat. Surat Ar-Ra’d memuat banyak ayat yang memuji kebesaran Allah SWT.

14. Ibrahim

Surat Ibrahim adalah surat ke-14 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 52 ayat. Surat Ibrahim memuat banyak kisah tentang Nabi Ibrahim AS dan keluarganya.

Pos Terkait:  Inilah Rumah atau Tempat yang Tidak Layak Huni di Indonesia

15. Al-Hijr

Surat Al-Hijr adalah surat ke-15 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 99 ayat. Surat Al-Hijr memuat banyak ayat tentang kebesaran Allah SWT dan hukuman yang akan diterima oleh orang-orang yang tidak beriman.

16. An-Nahl

Surat An-Nahl adalah surat ke-16 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 128 ayat. Surat An-Nahl memuat banyak ayat tentang kebesaran Allah SWT dan nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia.

17. Al-Isra

Surat Al-Isra adalah surat ke-17 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 111 ayat. Surat Al-Isra memuat banyak ayat tentang kebesaran Allah SWT dan perintah-perintah Allah SWT yang harus diikuti oleh manusia.

18. Al-Kahf

Surat Al-Kahf adalah surat ke-18 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 110 ayat. Surat Al-Kahf memuat kisah-kisah tentang keajaiban Allah SWT dan teladan-teladan yang harus diikuti oleh manusia.

19. Maryam

Surat Maryam adalah surat ke-19 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 98 ayat. Surat Maryam memuat kisah kelahiran Nabi Isa AS dan kisah keluarga Nabi Zakaria AS.

20. Ta Ha

Surat Ta Ha adalah surat ke-20 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 135 ayat. Surat Ta Ha memuat banyak ayat tentang kebesaran Allah SWT dan hukuman yang akan diterima oleh orang-orang yang tidak beriman.

21. Al-Anbiya

Surat Al-Anbiya adalah surat ke-21 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 112 ayat. Surat Al-Anbiya memuat kisah-kisah tentang nabi-nabi terdahulu dan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah manusia.

22. Al-Hajj

Surat Al-Hajj adalah surat ke-22 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 78 ayat. Surat Al-Hajj memuat banyak ayat tentang ibadah haji dan perintah-perintah Allah SWT yang harus diikuti oleh manusia.

23. Al-Mu’minun

Surat Al-Mu’minun adalah surat ke-23 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 118 ayat. Surat Al-Mu’minun memuat banyak hukum dan aturan tentang ibadah dan perilaku manusia yang baik.

Pos Terkait:  Sebelum Kiamat Gempa Bumi Terjadi di Mana-mana

24. An-Nur

Surat An-Nur adalah surat ke-24 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 64 ayat. Surat An-Nur memuat banyak hukum dan aturan tentang pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam Islam.

25. Al-Furqan

Surat Al-Furqan adalah surat ke-25 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 77 ayat. Surat Al-Furqan memuat banyak ayat tentang perintah-perintah Allah SWT dan hukuman yang akan diterima oleh orang-orang yang tidak beriman.

26. Asy-Syu’ara

Surat Asy-Syu’ara adalah surat ke-26 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 227 ayat. Surat Asy-Syu’ara memuat banyak kisah tentang nabi-nabi terdahulu dan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah manusia.

27. An-Naml

Surat An-Naml adalah surat ke-27 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 93 ayat. Surat An-Naml memuat kisah-kisah tentang nabi-nabi terdahulu, seperti kisah Nabi Sulaiman AS.

28. Al-Qasas

Surat Al-Qasas adalah surat ke-28 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 88 ayat. Surat Al-Qasas memuat banyak kisah tentang nabi-nabi terdahulu, seperti kisah Nabi Musa AS.

29. Al-Ankabut

Surat Al-Ankabut adalah surat ke-29 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 69 ayat. Surat Al-Ankabut memuat banyak ayat tentang kebesaran Allah SWT dan hukuman yang akan diterima oleh orang-orang yang tidak beriman.

30. Ar-Rum

Surat Ar-Rum adalah surat ke-30 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 60 ayat. Surat Ar-Rum memuat banyak ayat tentang kebesaran Allah SWT dan nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia.

Kesimpulan

Isi pokok kandungan Al-Quran sangatlah luas dan kompleks. Setiap surat dalam Al-Quran memiliki makna dan pesan yang sangat penting bagi umat Islam. Sebagai umat Islam, kita harus senantiasa membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.