Umum

Isi Kandungan Al Quran Surat Al Qashash

×

Isi Kandungan Al Quran Surat Al Qashash

Share this article

Surat Al Qashash merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam Al Quran yang memiliki banyak kisah-kisah yang menarik dan sarat dengan hikmah. Surat Al Qashash terdiri dari 88 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat-surat Makkiyah yang artinya diturunkan di kota Mekkah. Berikut adalah isi kandungan dari Surat Al Qashash:

Kisah Fir’aun dan Musa

Salah satu kisah yang terdapat di dalam Surat Al Qashash adalah kisah Fir’aun dan Musa. Kisah ini menceritakan tentang kekejaman Fir’aun terhadap kaum Bani Israil yang dipimpin oleh Musa. Fir’aun memerintahkan untuk membunuh semua bayi laki-laki dari kaum Bani Israil karena ia takut akan kekuasaan mereka di masa depan. Namun, Musa berhasil diselamatkan oleh ibunya dan akhirnya menjadi nabi yang diutus oleh Allah untuk membebaskan kaum Bani Israil dari penindasan Fir’aun.

Kisah Qarun

Surat Al Qashash juga menceritakan kisah Qarun yang merupakan seorang yang kaya raya dan sombong. Qarun menganggap bahwa kekayaannya merupakan hasil dari usahanya sendiri tanpa mengakui bahwa segala yang dimilikinya berasal dari Allah. Namun, Allah menurunkan azab yang sangat keras atas Qarun dan hartanya yang banyak itu lenyap dalam sekejap.

Kisah Nabi Shaleh

Kisah Nabi Shaleh juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Nabi Shaleh diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada kaum Tsamud yang tinggal di daerah Hijr. Namun, kaum Tsamud mengingkari ajaran Nabi Shaleh dan bahkan meminta Nabi Shaleh untuk membuktikan kebenaran ajarannya dengan cara meminta Allah untuk membuat gunung yang besar menjadi melayang di atas kepala mereka. Namun, mereka tidak mematuhi janjinya dan akhirnya Allah menghancurkan mereka dengan suara yang dahsyat.

Pos Terkait:  Memahami Makna Wahyu dan Proses Turunnya Al-Qur'an

Kisah Nabi Musa dan Khidir

Salah satu kisah yang menarik di dalam Surat Al Qashash adalah kisah Nabi Musa dan Khidir. Nabi Musa pernah bertanya kepada Allah tentang siapa yang lebih berilmu di antara manusia dan Allah menjawab bahwa Khidir adalah orang yang lebih berilmu darinya. Akhirnya Nabi Musa bertemu dengan Khidir dan belajar banyak dari kebijaksanaannya.

Kisah Nabi Ibrahim

Surat Al Qashash juga menceritakan kisah Nabi Ibrahim yang merupakan salah satu nabi yang diutus oleh Allah. Nabi Ibrahim dikenal sebagai ayah dari banyak bangsa dan dikaruniai keturunan yang banyak. Namun, ia juga diuji oleh Allah dengan berbagai macam ujian yang berat.

Kisah Nabi Luqman

Kisah Nabi Luqman juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Nabi Luqman dikenal sebagai nabi yang sangat bijaksana dan memiliki keahlian khusus dalam memberikan nasehat kepada orang-orang yang membutuhkan. Salah satu nasehatnya yang terkenal adalah tentang pentingnya bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan.

Kisah Nabi Yusuf

Kisah Nabi Yusuf juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Nabi Yusuf merupakan nabi yang sangat tampan dan memiliki akhlak yang baik. Namun, ia dijebak oleh saudaranya sendiri dan akhirnya dijual sebagai budak. Meskipun demikian, Nabi Yusuf tetap bersabar dan akhirnya menjadi orang yang sukses di Mesir.

Kisah Qabil dan Habil

Surat Al Qashash juga menceritakan kisah Qabil dan Habil yang merupakan putra dari Nabi Adam. Qabil membunuh Habil karena ia iri dengan keberhasilan Habil dalam beribadah kepada Allah. Namun, Allah memberikan pelajaran kepada Qabil dan memberikan hukuman yang setimpal atas perbuatannya.

Pos Terkait:  Pengertian Fasiq Dalil Pembagian dan

Kisah Thalut dan Jalut

Kisah Thalut dan Jalut juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Thalut merupakan seorang pemimpin yang diutus oleh Allah untuk melawan Jalut yang merupakan seorang raja yang zalim. Meskipun pasukannya hanya sedikit, Thalut berhasil memenangkan pertempuran dengan bantuan dari Allah.

Kisah Nabi Hud

Surat Al Qashash juga menceritakan kisah Nabi Hud yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada kaum ‘Ad. Namun, kaum ‘Ad tidak mempercayainya dan bahkan mengolok-oloknya. Akhirnya Allah menghancurkan mereka dengan badai yang dahsyat.

Kisah Nabi Saleh

Kisah Nabi Saleh juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Nabi Saleh diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada kaum Thamud. Namun, mereka tidak mematuhi ajarannya dan bahkan menghina Nabi Saleh. Akhirnya Allah menghancurkan mereka dengan suara yang dahsyat.

Kisah Nabi Syu’aib

Surat Al Qashash juga menceritakan kisah Nabi Syu’aib yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada kaum Madyan. Namun, kaum Madyan tidak mematuhi ajarannya dan bahkan mengusirnya dari kota mereka. Akhirnya Allah menghancurkan mereka dengan suara yang dahsyat.

Kisah Nabi Luth

Kisah Nabi Luth juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Nabi Luth diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada kaum Sodom dan Gomorah. Namun, mereka tidak mematuhi ajarannya dan bahkan mengancam untuk memperkosa para tamu Nabi Luth. Akhirnya Allah menghancurkan mereka dengan hujan batu yang besar.

Kisah Nabi Ayyub

Surat Al Qashash juga menceritakan kisah Nabi Ayyub yang merupakan seorang yang sangat sabar. Nabi Ayyub diuji oleh Allah dengan berbagai macam penyakit dan kesulitan, namun ia tetap bersabar dan tidak pernah mengeluh. Akhirnya Allah menyembuhkannya dan memberinya pahala yang besar.

Pos Terkait:  Ini Pengertian Qadha dan Qadar

Kisah Nabi Yunus

Kisah Nabi Yunus juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Nabi Yunus diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada kaum Ninawa. Namun, ia melarikan diri dari tugasnya dan akhirnya ditelan oleh ikan besar. Namun, Allah menyelamatkannya dan memberinya kesempatan kedua untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam.

Kisah Nabi Zakaria

Surat Al Qashash juga menceritakan kisah Nabi Zakaria yang merupakan seorang yang sangat taat kepada Allah. Nabi Zakaria memohon kepada Allah agar diberikan seorang anak karena ia sudah tua dan istrinya mandul. Akhirnya Allah memberikan anak yang bernama Yahya kepada mereka.

Kisah Nabi Isa

Kisah Nabi Isa juga terdapat di dalam Surat Al Qashash. Nabi Isa diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada bangsa Israel. Namun, mereka tidak mempercayainya dan bahkan mencoba untuk membunuhnya. Namun, Allah menyelamatkannya dan menjadikannya sebagai salah satu nabi yang paling terkenal di dunia.

Kisah Nabi Muhammad

Surat Al Qashash juga menceritakan tentang Nabi Muhammad yang merupakan nabi terakhir yang diutus oleh Allah. Nabi Muhammad diutus untuk menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada seluruh umat manusia. Beliau menjadi teladan bagi umat manusia dalam beribadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama.

Kesimpulan

Surat Al Qashash memuat banyak kisah-kisah yang inspiratif dan sarat dengan hikmah. Dengan membaca dan mempelajari isi kandungan dari Surat Al Qashash, kita dapat belajar banyak tentang kehidupan dan bagaimana cara kita menjalani hidup yang penuh dengan nilai-nilai Islam. Semoga kita senantiasa dapat memperbanyak bacaan Al Quran dan mendapatkan manfaat yang besar dari setiap ayat yang terkandung di dalamnya.