Doa Ini Jangan Sampai Dilupakan Saat Bersujud

Posted on

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dalam setiap aktivitas yang kita lakukan, baik itu makan, minum, tidur, bekerja, dan bahkan saat bersujud, kita selalu dianjurkan untuk berdoa. Salah satu doa yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan saat bersujud adalah doa “Subhanallah Rabbiyal A’la”.

Arti dari Doa “Subhanallah Rabbiyal A’la”

Doa “Subhanallah Rabbiyal A’la” memiliki arti yang sangat indah dan bermakna. Kata “Subhanallah” berarti “Maha Suci Allah”, sedangkan “Rabb” berarti “Tuhan” dan “A’la” berarti “Yang Maha Tinggi”. Jadi, jika kita membaca doa ini saat bersujud, kita sedang mengagungkan kebesaran Allah dan merendahkan diri kita sendiri di hadapan-Nya.

Keutamaan dari Doa “Subhanallah Rabbiyal A’la”

Doa “Subhanallah Rabbiyal A’la” memiliki banyak keutamaan bagi kita sebagai umat Muslim. Salah satu keutamaannya adalah doa ini dapat membantu kita untuk meraih keberkahan dalam hidup kita. Dalam Al-Quran Surah Al-A’la ayat 14-15, disebutkan:

“Sesungguhnya orang yang paling bertakwa adalah orang yang paling banyak berzikir. Dan sesungguhnya orang yang paling pandai (beribadah) adalah orang yang paling ingat akan Allah.”

Pos Terkait:  Arti Hijrah dan Tujuan Rasulullah SAW

Dengan membaca doa “Subhanallah Rabbiyal A’la”, kita sedang memperbanyak zikir dan mengingat Allah dengan sebaik-baiknya. Sehingga, kita akan semakin dekat dengan-Nya dan mendapatkan berkah-Nya dalam kehidupan kita.

Doa Lain yang Bisa Dibaca Saat Bersujud

Selain doa “Subhanallah Rabbiyal A’la”, masih ada banyak doa lain yang bisa kita baca saat bersujud. Beberapa di antaranya adalah:

1. “Allahumma-ghfirli” yang artinya “Ya Allah, ampunilah dosaku”.

2. “Allahumma bariklana fiima razaqtana” yang artinya “Ya Allah, berkatilah rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami”.

3. “Allahumma inni a’udzu bika min adzabil qabri” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur”.

Dalam Islam, membaca doa saat bersujud sangat dianjurkan. Kita bisa membaca doa-doa tersebut di atas atau doa-doa lain yang kita inginkan saat bersujud. Dengan begitu, ibadah kita akan semakin sempurna dan mendapatkan berkah dari Allah.

Penutup

Doa “Subhanallah Rabbiyal A’la” adalah salah satu doa yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan saat bersujud. Dalam doa ini, kita sedang mengagungkan kebesaran Allah dan merendahkan diri kita sendiri di hadapan-Nya. Selain itu, masih ada banyak doa lain yang bisa kita baca saat bersujud. Sebagai umat Muslim, kita harus selalu mengingat Allah dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Dengan begitu, kita akan semakin dekat dengan-Nya dan mendapatkan berkah-Nya dalam kehidupan kita.