Doa

Doa Agar Diberi Hikmah

×

Doa Agar Diberi Hikmah

Share this article
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya
Doa Sebelum Tidur dan Sesudahnya

Makna yang terkandung di balik setiap peristiwa atau juga bisa diartikan manfaat. Dalam hidup ini, kita selalu dihadapkan oleh berbagai peristiwa. Peristiwa-peristiwa yang terjadi tentunya sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja tanpa menjadi hikmah untuk diri kita sendiri. Doa agar diberi hikmah dapat menjadi tuntunan saat menghadapi beragam peristiwa.

Hikmah atau kebijaksanaan bisa didaptkan jika berkumpul atau berteman dengan orang-orang yang sholeh, maka doa ini cocok untuk yang sedang mencari keadilan. Doa ini bisa diamalkan sebagai doa memohon petunjuk Allah dan doa Ketika menghadap masalah berat. Diketahui, setiap umat manusia pernah dihadapkan pada suatu masalah dalam hidup.

Apa yang Dimaksud dengan DOA?

Doa adalah cara kita manusia untuk bisa berbicara dengan Tuhan. Dalam doa kita dapat mengucap syukur, meminta/memohon, dan menyerahkan diri kita kepada Tuhan.

Doa Agar Diberi Hikmah

DOA agar diberikan hikmah berikut adalah doa yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim. Penting sekali bagi kita untuk mengetahui doa ini karena hikmah merupakan sesuatu yang berharga.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبِّ هَبْ لِيْ حُكْمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ ۙوَاجْعَلْ لِّيْ لِسَانَ صِدْقٍ فِى الْاٰخِرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ وَّرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيْمِ

Latin:

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Robbi hablii hukmaw wa alhiqnii bish-shoolihiin waj’al lii lisaana shidqin fil aakhiriin waj’alnii miw warotsati jannatin na’iim

Artinya : 

“Wahai Tuhanku, berikanlah kepadaku hukum (ilmu dan hikmah) dan pertemukanlah aku dengan orang-orang saleh. Jadikanlah aku sebagai buah tutur yang baik di kalangan orang-orang (yang datang) kemudian. Jadikanlah aku termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan.’ (Asy-Syu’ara’/26:83-85)

Akhir Kata

Doa di atas baik sekali dibaca oleh para pejuang yang menegakkan kebenaran dan menjunjung tinggi kalimat Allah. Karena doa tersebut adalah doanya Asiyah binti Mujahim, isteri Fir’aun. Dan Allah membuat isteri Fir’aun sebagai perumpamaan bagi orang-orang yang beriman.

 

Refrensi:

Tuntunan Ibadah & Kumpulan Doa-Doa, Karya Abd. Muqit, Moh. Sholeh.

https://chanelmuslim.com/khazanah/doa-agar-diberikan-hikmah

https://www.kompasiana.com/reginapaendong/5decdc4cd541df2f427d6442/apa-itu-doa