Hukum Sholat Tarawih
Hukum Sholat Tarawih

Hukum Sholat Tarawih

Posted on

Ramadhan, iqipedia.com- Bulan ramadhan adalah bulan penuh pahala dan amapunan yang bebeda dengan bulan-bulan lainya. Pada bulan ini umat muslim berlomba-lomba mengejar pahala untuk di ajdikan bekal di akhirat. Keutamaan belan ramadhan tidak lengkap dan masih terasa gamang dalam hati jika tidak di lengkapi dengan sholat tarawih. Sholat tarawih walaupun hukumnya sunnah tetapi sudah menjadi tradisi umat Islam dalam kehidupan sehari-hari pada bulan puasa sehingga seakan-akan sholat tarawih menajdi wajib. Hal ini adalah budaya yang  baik perlu di lesterikan dalam komonitas umat Islam. Namun dari sebagian umat islam belum mengerti sepnuhnya tentang hukum sholat tarawih, dari sinilah maka perlu kami bahas.

Bagaimana Hukum Sholat tarawih?

Hukum sholat tarawih adalah sunnah, yaitu jika di kerjakan mendapatkan pahala dan jika di  tinggalkan tidak mendapatkan siksa. Meski hukum sholat tarawih hanya sunnah tetapi memiliki keutamaan yang besar yaitu menghiidupkan malam ramadhan.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ رواه البخاري

Pos Terkait:  Nama-Nama Surga, Tingkatan, Penghuninya, Menurut Al-Quran

ِArtinya: “Diriwayatkan dari Abi Huroiroh, Rasulullah bersabda: Barang siapa yang menghidupkan ramadhan karena iman dan hisab maka di ampuni dosannya yang sudah lewat” (HR. Bukhari)

Berapa jumlah rokaat sholat tarawih ?

Jumlah rokaat sholat ada yang 20 rokaat, hal ini biasa lazim di kerjakan oleh umat Islam di Indonesia terutama warga NU. Jumlah sholat tarawih yang 20 rokaat mengikuti sayyidina Umar Ra.

Sedangkan sholat tarawih yang di kerkan nabi jumlahnya 8 rokaat. Di Indonesia sendiri yang melakasanakan sholat tarawih 8 rkaat kebanyakan di lakukan oleh warga muhammadiyah dan sebagian kecil dari warga NU.

Bolehkah sholat tarawih sendiri?

Sholat tarawih sendiri  di rumah hukumnya boleh. Bagi umat islam yang tidak menemui jama’ah sholat tarawih di masjid atau di musholla ia di tetap di sunnahkan melakasanakan sholat tarawih sendiri di rumahnya. Hukum sholat tarawih berjamaah hukumnya hanya sunnah, karena mengikut kepada hukum asalnya sholat tarawih itu sendiri yang hukumnya sunnah. Namun meski hukumnya sholat tarawih berjama’ah hanya sunnah, tetapi sholat tarawih berjamaah dapat menghindari seseorang dari malas melaksanakan sholat tarawih sekaligus membawa ghiroh semangat untuk selalu melakukan sholat tarawih dengan istiqomah.

Pos Terkait:  Tuntunan dan Niat Zakat Fitrah

Penulis: Abd. Muqit